Kerjasama dan Alumni

Post by: Administrator - 24 Agustus 2023 10:13:16 WIB - dilihat 4096

Direktorat Kerjasama dan Alumni dikelola oleh Wakil Rektor 3 Bidang Alumni dan Kerjasama

A.      PUSAT PENGEMBANGAN KARIR MAHASISWA DAN ALUMNI (PPKMA)

(1)    PENDAHULUAN PPKMA

Pusat Pengembangan Karir Mahasiswa dan Alumni (PPKMA) adalah sebuah lembaga di perguruan tinggi yang bertujuan untuk membantu mahasiswa dan alumni dalam pengembangan karir mereka. Fungsi utama PPKMA adalah memberikan layanan dan sumber daya yang mendukung proses persiapan karir, pemilihan pekerjaan, dan pengembangan keterampilan profesional

Dengan adanya kebutuhan tersebut, ITY mengantisipasinya dengan mendirikan/ membuka Pusat Pengembangan Karir Mahasiswa Dan Alumni ITY (PPKMA ITY). PPKMA ITY merupakan pusat pengembangan karir, yang berada di bawah Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan & Alumni.

Pengembangan Karir Mahasiswa dan Alumni (PPKMA) ITY merupakan salah satu bagian dari bidang kemahasiswaaan yang menangani pengembangan karir mahasiswa dan alumni. Dengan adanya PKMA ini komunikasi antar mahasiswa dengan alumni, alumni dengan institut, dan antara alumni dengan pihak ketiga seperti institusi negeri maupun swasta dapat memberikan timbal baik untuk pengembangan institut serta eksistensi mahasiswa dan alumni.

 

(2)    TUJUAN PPKMA

Tujuan yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:

1.       Bimbingan Karir: PPKMA menyediakan bimbingan dan konseling karir kepada mahasiswa dan alumni untuk membantu mereka dalam menentukan pilihan karir yang sesuai dengan minat, bakat, dan latar belakang pendidikan mereka.

2.       Informasi Lowongan Kerja: PPKMA memfasilitasi akses mahasiswa dan alumni terhadap informasi lowongan kerja yang relevan, baik dari perusahaan lokal, nasional, maupun internasional. Mereka dapat mengumpulkan, menyaring, dan menyebarkan informasi tersebut kepada mahasiswa dan alumni.

3.       Pelatihan dan Workshop: PPKMA menyelenggarakan pelatihan dan workshop untuk membantu mahasiswa dan alumni mengembangkan keterampilan yang diperlukan dalam dunia kerja, seperti penulisan resume, wawancara kerja, keterampilan komunikasi, dan lain-lain.

4.       Penghubung dengan Perusahaan: PPKMA membangun kerjasama dengan perusahaan dan organisasi untuk memfasilitasi magang, kunjungan industri, atau kolaborasi proyek yang dapat memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa dan alumni.

5.       Pengembangan Karir Alumni: Selain mendukung mahasiswa, PPKMA juga memberikan dukungan dalam pengembangan karir bagi para alumni. Mereka dapat membantu dalam pencarian pekerjaan baru, pembaruan keterampilan, atau transisi karir.

6.       Tracer Study, juga dikenal sebagai studi pengikut atau penelusuran lulusan, adalah suatu metode yang digunakan untuk melacak keberhasilan lulusan perguruan tinggi dalam mencapai kesuksesan setelah menyelesaikan pendidikan mereka. Metode ini sering digunakan untuk mendapatkan informasi tentang tingkat kesesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja, serta mengidentifikasi area di mana perguruan tinggi dapat meningkatkan kurikulum dan persiapan karir bagi para mahasiswa.






Lihat Biro Lainnya: Kemahasiswaan,  Penjaminan Mutu,  Kerjasama dan Alumni,  Laboratorium ITY,  LP2M,  Perpustakaan Terpadu,  Download Berkas,  PSPM, 

Posted In KERJASAMA DAN ALUMNI
Penulis: Administrator

Berita Populer


Peran Jasa Kelautan Dalam Pembangunan Indonesia

17 Juni 2023 - 11:12:48 WIB

ITY Color Run And Fun Dies Natalis 5

14 Oktober 2019 - 04:03:35 WIB

Talkshow A Better Environment Comes From You and I

15 Oktober 2019 - 04:01:20 WIB

Berita lain


Informasi Terbaru


Alur Pengajuan Dispensasi Biaya Operasional Pendidikan ITY

08 Maret 2023 - 13:00:09 WIB

Surat Edaran Perpanjangan KRS

08 Maret 2023 - 12:57:57 WIB

Pengumuman lain