SPOONIP-Inovasi Edible Spoon Sehat Berbahan Dasar Tepung Beras

Post by: Administrator - 14 Juni 2024 02:20:31 WIB - dilihat 160
Spoonip

Indonesia, dengan populasi lebih dari 270 juta jiwa pada tahun 2020, merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia. Konsekuensi dari populasi yang besar ini adalah tingginya volume sampah yang dihasilkan. Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menunjukkan bahwa pada tahun 2023, timbulan sampah di Indonesia mencapai 17,44 juta ton, dengan 18,8% di antaranya adalah sampah plastik. Penggunaan plastik yang masif, terutama sendok plastik sekali pakai, menjadi salah satu kontributor utama masalah ini.

Plastik memiliki banyak keunggulan seperti kuat, ringan, dan fleksibel. Namun, plastik tidak dapat dihancurkan secara alami dan bersifat non-biodegradable, yang menyebabkan penumpukan sampah dan dampak negatif terhadap lingkungan. Oleh karena itu, inovasi untuk mengurangi penggunaan plastik sangat diperlukan. Salah satu solusi yang kami tawarkan adalah SPOONIP: Edible Spoon Sehat Berbahan Dasar Tepung Beras Putih.

SPOONIP adalah sendok yang dapat dimakan (edible spoon) yang terbuat dari tepung beras putih, sebagai pengganti sendok plastik sekali pakai. Edible spoon merupakan bagian dari edible cutlery, alat makan yang dapat terurai secara alami dan terbuat dari bahan-bahan biodegradable. Produk ini tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga memberikan nilai gizi tambahan karena mengandung bahan alami seperti tepung beras dan ekstrak bayam.

Keunggulan SPOONIP

  1. Ramah Lingkungan: Terbuat dari bahan-bahan organik yang mudah terurai secara alami.
  2. Sehat: Mengandung nutrisi dari bahan-bahan seperti tepung beras dan bayam.
  3. Ekonomis: Bahan baku yang digunakan, seperti tepung beras putih dan tepung terigu, lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan lainnya
  4. Multifungsi: Cocok untuk berbagai produk kuliner seperti es krim, dessert, dan jagung manis.
Beras adalah makanan pokok di Indonesia, kaya akan karbohidrat dan mudah diterima masyarakat. Tepung beras putih dipilih sebagai bahan utama karena nilai gizinya dan ketersediaannya yang melimpah. Gluten dari Tepung Terigu digunakan sebagai bahan pengikat, gluten membentuk jaringan matriks viskoelastis yang membuat adonan menjadi kompak dan mudah dibentuk. Serta ekstrak bayam hijau dan merah: Selain memberikan warna alami, bayam juga menambah nilai gizi produk. Bayam hijau mengandung protein, vitamin A, C, dan kalsium, sementara bayam merah kaya akan antioksidan, vitamin C, dan mineral.

SPOONIP sangat cocok untuk UMKM di bidang kuliner karena harga bahan baku yang terjangkau dan proses pembuatan yang relatif mudah. Produk ini dapat meningkatkan nilai jual produk kuliner karena selain ramah lingkungan, juga menawarkan manfaat kesehatan tambahan.

SPOONIP adalah inovasi yang tidak hanya membantu mengurangi penggunaan plastik tetapi juga mendukung gaya hidup sehat. Dengan bahan dasar tepung beras putih dan tambahan ekstrak bayam, SPOONIP menawarkan solusi praktis dan ekonomis untuk masalah lingkungan dan kesehatan. Kami berharap produk ini dapat diterima luas oleh masyarakat dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan.

Dukung inovasi kami dan bersama-sama kita ciptakan Indonesia yang lebih bersih dan sehat!

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website kami atau ikuti kami di Instagram untuk update terbaru tentang produk dan kegiatan kami.





Posted In SPOONIP-INOVASI EDIBLE SPOON SEHAT BERBAHAN DASAR TEPUNG BERAS
Penulis: Administrator

Berita Populer


Peran Jasa Kelautan Dalam Pembangunan Indonesia

17 Juni 2023 - 11:12:48 WIB

ITY Color Run And Fun Dies Natalis 5

14 Oktober 2019 - 04:03:35 WIB

Talkshow A Better Environment Comes From You and I

15 Oktober 2019 - 04:01:20 WIB

Berita lain


Informasi Terbaru


Alur Pengajuan Dispensasi Biaya Operasional Pendidikan ITY

08 Maret 2023 - 13:00:09 WIB

Surat Edaran Perpanjangan KRS

08 Maret 2023 - 12:57:57 WIB

Pengumuman lain