Prodi Teknik Kelautan Institut Teknologi Yogyakarta Gelar Aksi Tanam Mangrove di Pantai Baros untuk Selamatkan Lingkungan

Post by: Administrator - 24 Juni 2024 01:35:48 WIB - dilihat 165
Foto Kegiatan Penanaman Magrove di Pantai Baros, Bantul, DIY

Pantai Baros, Bantul, DIY – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup,  pada tanggal 15 Juni 2024, Program Studi Teknik Kelautan Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan (HMTK) melaksanakan kegiatan penanaman mangrove di Pantai Baros, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara ini dilakukan bersama dengan Kelompok Pemuda Pemudi Baros (KP2B) yang merupakan masyarakat lokal yang mengelola kawasan Mangrove Baros. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan lingkungan pesisir dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya ekosistem mangrove.

Mangrove adalah jenis vegetasi yang tumbuh di wilayah pesisir tropis dan subtropis. Tumbuhan ini memiliki akar yang kuat dan mampu hidup di air asin. Mangrove berfungsi untuk menstabilkan garis pantai dan mengurangi erosi akibat gelombang badai, arus ombak, dan pasang surut. Penanaman mangrove memiliki peran vital dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir. Ekosistem mangrove juga berperan sebagai tempat berkembang biak dan berlindung bagi berbagai spesies hewan, termasuk ikan dan burung, yang sangat penting bagi keberlanjutan ekosistem laut.

Selain memberikan manfaat ekologis, kegiatan ini juga memiliki nilai edukatif tinggi bagi para mahasiswa ITY. Mereka mendapatkan pengalaman langsung mengenai teknik penanaman mangrove, peran hutan mangrove dalam keseimbangan ekosistem serta cara merawatnya. Diharapkan, pengalaman ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mengenai konservasi mangrove.

Dengan adanya kegiatan penanaman mangrove di Pantai Baros ini, Institut Teknologi Yogyakarta berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya pelestarian lingkungan, khususnya di kawasan pesisir. Kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya untuk turut serta dalam menjaga kelestarian alam demi keberlanjutan hidup.






Posted In PRODI TEKNIK KELAUTAN INSTITUT TEKNOLOGI YOGYAKARTA GELAR AKSI TANAM MANGROVE DI PANTAI BAROS UNTUK SELAMATKAN LINGKUNGAN
Penulis: Administrator

Berita Populer


Peran Jasa Kelautan Dalam Pembangunan Indonesia

17 Juni 2023 - 11:12:48 WIB

ITY Color Run And Fun Dies Natalis 5

14 Oktober 2019 - 04:03:35 WIB

Talkshow A Better Environment Comes From You and I

15 Oktober 2019 - 04:01:20 WIB

Berita lain


Informasi Terbaru


Alur Pengajuan Dispensasi Biaya Operasional Pendidikan ITY

08 Maret 2023 - 13:00:09 WIB

Surat Edaran Perpanjangan KRS

08 Maret 2023 - 12:57:57 WIB

Pengumuman lain