Outing Class Mahasiswa Teknik Industri dan Teknik Lingkungan ITY di PT Madubaru: Pengalaman Praktis dalam Industri Gula Modern dan Berkelanjutan

Post by: Administrator - 13 Juni 2024 08:34:22 WIB - dilihat 226
Mahasiswa bersama dosen pendamping saat outing class di PT Madubaru

Bantul, 12 Desember 2023 – Mahasiswa Prodi Teknik Industri dan Kelas Internasional Teknik Lingkungan dari Institut Teknologi Yogyakarta menghadiri outing class yang diselenggarakan di PT Madubaru, perusahaan industri gula terkemuka di wilayah ini. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam mengaplikasikan pengetahuan akademis mereka dalam lingkungan industri yang sebenarnya.

Kegiatan outing class kali ini didampingi oleh dosen-dosen terkemuka seperti Amallia Puspitasari, S.P., M.Sc; Desi Erlita, S.T., M.Eng; dan Ernastin Maria, S.Si., M.Eng. Mereka bertujuan untuk memandu mahasiswa dalam memahami aplikasi praktis dari mata kuliah seperti Kimia, Instrumentasi, Toksikologi Lingkungan, Bioteknologi Lingkungan, dan Teknologi Hijau yang telah dipelajari di kampus.

PT Madubaru dipilih sebagai lokasi karena proses produksinya yang modern dan komitmen terhadap teknologi hijau dalam operasionalnya. Para mahasiswa mendapatkan kesempatan langka untuk melihat secara langsung bagaimana industri gula mengimplementasikan teknologi dan prinsip keberlanjutan dalam aktivitas sehari-hari mereka.

Tujuan dari kunjungan ini sangat jelas: memberikan pemahaman yang mendalam kepada mahasiswa tentang penggunaan sulfur dalam proses pembuatan gula, pengendalian kualitas produksi, penanganan limbah toksik pabrik, proses fermentasi, dan aplikasi teknologi hijau. Diharapkan melalui pengalaman ini, mahasiswa tidak hanya memperdalam pemahaman teoritis mereka tetapi juga melihat relevansi dan aplikasi praktis dari ilmu yang dipelajari di dalam kelas.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong kolaborasi yang lebih erat antara pendidikan tinggi dan sektor industri. Dengan mempertemukan mahasiswa dengan praktik langsung di lapangan, mereka dapat memperoleh perspektif yang lebih holistik tentang bagaimana ilmu yang mereka pelajari di kampus dapat diterapkan dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

Institut Teknologi Yogyakarta berharap bahwa outing class seperti ini akan terus dilakukan di masa depan untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dan menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan global dalam industri. Melalui kolaborasi yang kuat antara akademisi dan praktisi industri, diharapkan dapat tercipta pemimpin masa depan yang terampil dan berpengetahuan luas dalam bidang teknik industri dan lingkungan. (nk)






Posted In OUTING CLASS MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI DAN TEKNIK LINGKUNGAN ITY DI PT MADUBARU: PENGALAMAN PRAKTIS DALAM INDUSTRI GULA MODERN DAN BERKELANJUTAN
Penulis: Administrator

Berita Populer


Peran Jasa Kelautan Dalam Pembangunan Indonesia

17 Juni 2023 - 11:12:48 WIB

ITY Color Run And Fun Dies Natalis 5

14 Oktober 2019 - 04:03:35 WIB

Talkshow A Better Environment Comes From You and I

15 Oktober 2019 - 04:01:20 WIB

Berita lain


Informasi Terbaru


Alur Pengajuan Dispensasi Biaya Operasional Pendidikan ITY

08 Maret 2023 - 13:00:09 WIB

Surat Edaran Perpanjangan KRS

08 Maret 2023 - 12:57:57 WIB

Pengumuman lain