Kolaborasi Riset Terpadu ITY dalam Survei Perencanaan Pembangunan SPAM Kabupaten Cilacap

Post by: Administrator - 12 Juni 2024 10:50:31 WIB - dilihat 369
Mahasiswa bersama masyarakat di Cilacap

Cilacap, Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pembangunan nasional melalui riset terapan. Salah satu proyek terbaru mereka adalah survei perencanaan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kabupaten Cilacap. Proyek ini merupakan bentuk kolaborasi riset terpadu yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dan stakeholder lokal untuk menciptakan solusi air bersih yang berkelanjutan bagi masyarakat Cilacap.

Survei ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan air minum di berbagai wilayah Kabupaten Cilacap, serta merancang sistem yang efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Melalui pendekatan ilmiah dan teknologi mutakhir, tim peneliti dari ITY berupaya menemukan solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan ketersediaan air minum. Hal ini termasuk analisis sumber daya air yang tersedia, evaluasi infrastruktur yang ada, dan penentuan lokasi strategis untuk pembangunan fasilitas SPAM.

Tim peneliti dalam proyek ini terdiri dari kolaborasi dosen, alumni, dan mahasiswa ITY. Tiga dosen yang terlibat adalah Dr. Ir. Triyono, M.Sc, Hj. Waniningsih S.T, M.Kes, dan Evy Kusumaningrum ST, M.T. Mereka bekerja sama dengan seorang alumni dan sembilan mahasiswa yang berpartisipasi aktif dalam survei lapangan, analisis data, dan penyusunan laporan. Kombinasi keahlian dan pengalaman dari dosen, serta semangat dan inovasi dari mahasiswa, menciptakan sinergi yang kuat dalam proyek ini.

Partisipasi masyarakat lokal merupakan salah satu kunci keberhasilan proyek ini. Tim peneliti dari ITY tidak hanya melakukan pengumpulan data secara teknis, tetapi juga melibatkan warga dalam proses pengambilan keputusan. Pendekatan partisipatif ini memastikan bahwa solusi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi nyata di lapangan. Dengan demikian, proyek ini diharapkan tidak hanya menghasilkan sistem penyediaan air minum yang efektif, tetapi juga meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga keberlanjutan sumber daya air.

Kerja sama antara ITY dan pemerintah Kabupaten Cilacap juga menjadi faktor penting dalam keberhasilan proyek ini. Dukungan dari pemerintah daerah dalam bentuk regulasi, perizinan, dan pendanaan sangat membantu kelancaran pelaksanaan survei dan pembangunan SPAM. Sinergi antara lembaga akademik dan pemerintah lokal ini diharapkan dapat menjadi model bagi proyek serupa di daerah lain.

Melalui kolaborasi riset terpadu ini, ITY berkomitmen untuk terus mendukung pembangunan daerah dengan menyediakan solusi berbasis ilmiah yang dapat diimplementasikan secara nyata. Proyek survei perencanaan pembangunan SPAM di Kabupaten Cilacap ini merupakan salah satu langkah konkret dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan air bersih yang berkelanjutan. Dengan demikian, ITY berharap dapat berkontribusi dalam menciptakan masa depan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Indonesia.





Posted In KOLABORASI RISET TERPADU ITY DALAM SURVEI PERENCANAAN PEMBANGUNAN SPAM KABUPATEN CILACAP
Penulis: Administrator

Berita Populer


Peran Jasa Kelautan Dalam Pembangunan Indonesia

17 Juni 2023 - 11:12:48 WIB

ITY Color Run And Fun Dies Natalis 5

14 Oktober 2019 - 04:03:35 WIB

Talkshow A Better Environment Comes From You and I

15 Oktober 2019 - 04:01:20 WIB

Berita lain


Informasi Terbaru


Alur Pengajuan Dispensasi Biaya Operasional Pendidikan ITY

08 Maret 2023 - 13:00:09 WIB

Surat Edaran Perpanjangan KRS

08 Maret 2023 - 12:57:57 WIB

Pengumuman lain