ITY Ubah Sampah Menjadi BBM di Kota Bandung

Post by: Administrator - 07 Januari 2022 11:09:01 WIB - dilihat 848
Acara serah terima inovasi Dosen ITY

BANDUNG – Sampah merupakan salah satu permasalahan yang cukup mendasar di Kota Bandung, termasuk di Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo. Sampah yang ada di daerah ini sebagian besar masih belum dikelola dengan baik, sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan. Salah satu jenis sampah yang sulit dimanfaatkan adalah sampah plastik, yang sangat sulit untuk didegradasi oleh mikroorganisme. Hal Inilah yang mengispirasi Tim Dosen Teknik Energi Institut Teknologi Yogyakarta, yaitu Ucik Ika Fenti Styana dan Fifin Hindarti beserta Dosen UP 45 Noviansyah Aridito untuk melirik penerapan teknologi tepat guna mengelola sampah supaya lebih bernilai tinggi untuk masyarakat.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dihadiri oleh Ibu Ledia Hanifah, Anggota Komisi X DPR RI yang sangat peduli dengan Pengembangan dan Pengelolaan Sampah.  Dalam sambutannya beliau juga mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Teknik Energi ITY bersama UP 45 melalui Program PPTTG Kemenristek DIKTI.Kegiatan ini memberikan hal positif untuk Pengelolaan Sampah, kotanya bersih, sehat, asri masih dapat bonus yang luar biasa yaitu peningkatan nilai ekonomi masyarakat dari pengelolaan sampah. Adanya kolaborasi dan sinergi antara perguruan tinggi dan Lembaga Masyarakat seperti halnya Bank Sampah dan LPM Cicendo, maka akan  mendorong percepatan tumbuh kembangnya teknologi tepat guna berbasis masyarakat. Disamping itu adanya alat ini juga sangat membantu mempermudah mitra dalam menjalankan Pengelolaan bank sampah untuk menambah nilai ekonominya dan pasarannya.

“Merasa sangat terbantu dengan alat ini, alatnya sesuai dan pas sekali sesuai dengan Program yang dicanangkan Oleh Walikota Bandung dalam pengelolaan Sampah di kota Bandung.” ungkap Ketua LPM Kecamatan Cicendo. Camat Cicendo menambahkan, “alat ini cara mengoperasikannya mudah, belum ada dibenak saya Sampah Plastik bisa dicacah sehingga meningkatkan harga jual limbah botol kemasan plastik, kemudian Plastik yang tak bernilai ekonomisnya bisa jadi bahan bakar untuk mesin pencacah plastiknya. Ini luar biasa sekali bisa dikembangkan di seluruh RT dan RW di Kecamatan Cicendo untuk percontohan kota Bandung kedepannya. Insya Allah”.

Ketua Bank Sampah Astana Eyang tidak hentinya menyampaikan terimakasih, “Terima kasih kepada ITY beserta UP45 dan Kemeristekdikti serta dukungan dari DPR RI khususnya komisi X untuk Teknologi Pengelolaan Sampah yang sekaligus Pengembangan UMKM di Kota Bandung”. Kami berharap dengan adanya alat ini akan dapat membantu peningkatan kapasitas produksi cacahan plastik, minyak bakar dari plastik tak termanfaatkan juga produksi kompos dari komposter serta terlaksananya pemilahan sampah menggunakan bak sampah terpilah. Bersih Kotanya, Meningkat Ekonominya. Tim PPTTG TE ITY(*) – ed.nk





Posted In ITY UBAH SAMPAH MENJADI BBM DI KOTA BANDUNG
Penulis: Administrator

TINGGALKAN PESAN





0 komentar dalam artikel ini

Berita Populer


ITY Color Run And Fun Dies Natalis 5

14 Oktober 2019 - 04:03:35 WIB

Talkshow A Better Environment Comes From You and I

15 Oktober 2019 - 04:01:20 WIB

Kunjungan ITY ke UPSI Malaysia

31 Maret 2019 - 03:55:47 WIB

Berita lain


Informasi Terbaru


Surat Edaran Penanganan Covid-19 di ITY

19 Maret 2020 - 13:15:52 WIB

Pengumuman Wisuda Periode 10

13 Maret 2020 - 13:11:39 WIB

Pengumuman PMB Gel. Khusus

19 Agustus 2020 - 18:03:52 WIB

Pengumuman lain