Prodi Teknik Lingkungan S1 (Akreditasi B)


Prodi ini telah beroperasi sejak 1983. Pengalaman dalam proses pembelajaran telah mampu menghasilkan 3.500 sarjana yang bekerja mengabdi di seluruh wilayah Indonesia, di bidang pendidikan (dosen), Pemda (Prov dan kab), di kementerian (Pusat kementerian LH, Kesehatan, PL) dan lainnya).
Disamping itu juga ada yang bekerja di lembaga intemasional. Karena sangat dibutuhkan oleh bangsa ini, maka tidak seorang sarjana dari Prodi Teknik Lingkungan ini yang menganggur. Pada saat ini ada kelas kelas unggulan, yaitu kelas Intemasional, Kelas Sarmag (5 tahun dapat ijazah SI dan S2) dan kelas Alih Jalur. Ketiga kelas tersebut semakin banyak peminatnya.

 

Kelas S1 Reguler

  1. Program S1 Kelas Reguler ini ditujukan bagi lulusan SMU atau sederajat dan diharapkan dapat selesai selama 4 tahun.
  2. Lulusan program ini selain memperoleh gelar Sarjana Teknik, juga akan memperoleh : sertifikat AMDAL, sertifikat perancangan teknik, sertifikat autocad, asuransi dan pondokan 1 semester dan pelatihan bahasa inggris secara gratis.

Kelas Non Reguler/Alih Jalur

  1. Kelas alih jalur adalah kelas pindahan dari D3 dengan waktu kuliah diluar jam kerja (sore hari).
  2. Sistem pembayaran kelas alih jalur dengan sistem paket dibayarkan dalam 3 (tiga) semester.

Program SARMAG

  1. Program Lanjutan dari S1 langsung ke S2
  2. Diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu 5 tahun
  3. Pada akhir semester VII (Tujuh) dapat mengkuti program kuliah S2
  4. Biaya Program S2 untuk 3 semester sebesar Rp. 30.000.000 di angsur selama 7 semester (mulai semester I s.d semester VII)

Kelas Internasional

  1. Kurikulum yang dipergunakan adalah kurikulum pendidikan 4 tahun atau 8 semester dengan 144 SKS (termasuk seminar, PKL, KKN dan Skripsi) sistem paket, ditambah beberapa tambahan materi muatan internasional untuk menjadi sarjana handal dan profesional.
  2. Menerima ijazah 2 buah (berbahasa indonesia/inggris) ijazah dalam bahasa inggris dapat digunakan untuk melamar pekerjaan keperusahaan atau lembaga internasional.
  3. Berpeluang menjadi mahasiswa program SARMAG (Sarjana Magister) dengan gelar ST dan MT
  4. Biaya kuliah, praktikum selama 8 semester atau 4 tahun dibayarkan sistem paket besarnya sesuai yang tertuang dalam program reguler, tetapi untuk kelas internasional ini setiap semester ada tambahan biaya Rp. 4.000.000,- (empat juat rupiah), biaya tersebut tidak termasuk perjalanan ke luar negeri.

Go to top