FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

Peran sektor industri ini sangat besar, dalam PDB sektor ini menduduki 24,3 % dari PDN Nasional (2011).

Peranan dalam ekonomi nasional ini memang dirasakan, tetapi kerusakan lingkungan akibat industri ini juga sangat merisaukan.

Oleh karenanya ITY menawarkan IPTEK, Green industry Technology yang tidak merusak lingkungan dan mensejahterakan masyarakat.

Fakultas Teknologi Industri memiliki 2 Prodi yaitu Prodi Teknik Industri dan Teknik Energi.

 

TEKNIK ENERGI

Bangsa Indonesia kaya akan sumberdaya energi. Sumberdaya alam energi yang ada di alam sangat melimpah.

SDA energi ini yang selama ini banyak dimanfaatkan adalah energy yang tidak terbarukan.

Padahal sebenarnya sumber daya energi yang terbarukan jauh lebih banyak dari sumberdaya energy tak terbarukan.

Oleh karenanya PRODI Teknik ENERGI ini akan mengembangkan IPTEK untuk penambangan bahan energi yang tak terbarukan yang tidak merusak lingkungan dan mengembangkan IPTEK untuk sumberdaya energi baru terbarukan.

Sarjana untuk bidang ini sangat prospektif dan dibutuhkan oleh bangsa ini.

 

VISI PRODI TEKNIK ENERGI

Menguasai Perekayasaan Pemanfaatan Sumberdaya Baru dan terbarukan untuk memenuhi kebutuhan energi nasional dalam rangka pembangunan yang berkelanjutan.

MISI

Menguasai Perekayasaan Pemanfaatan Sumberdaya  Baru dan terbarukan untuk memenuhi kebutuhan energi nasional dalam rangka pembangunan yang berkelanjutan.

 

PROSPEK LULUSAN DAN PASAR KERJA

1. Lulusan yang kreatif, bijaksana dan berdaya kinerja besar dalam bidang ilmu S1 Teknik Energi akan mampu berkarier sebagai Pembangkitan Tenaga Listrik Konsultansi, Konstruksi, Industri Manufaktur, Industri penambangan, Industri Proses bidang Utilitas Perhotelan, Bidang Utilitas Rumah Sakit, 

2. Bidang Utilitas Gedung dan Kawasan Industri. Lembaga-lembaga riset dan perencanaan yang tepat dijadikan tempat berkarier bagi lulusan seperti Kementerian Riset dan Teknologi, LIPI, Bappenas, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. Demikian pula, Satuan-satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) yang membidangi penelitian, pengembangan dan perencanaan dari Dinas Energi Sumber Daya Mineral membutuhkan tenaga-tenaga lulusan Program Studi S1 Teknik Energi baik sebagai pelaksana, tenaga ahli maupun konsultan.

 

KERJASAMA DENGAN PIHAK LUAR : 

1.Lulusan ITY diharapkan dapat terserap di berbagai instansi Pemerintah Propinsi dan Pemda Kab./Kota, serta berbagai bidang swasta dan lembaga pendidikan, seperti:

2.BAPPEDA (Ka Sie Bid. Perencanaan)

3.BAPEDALDA (Kabid Lingkungan. Hidup/Kabid Pemantauan Ling Hidup), Kapedal

4.Dinas Dinas terkait seperti Kimpraswil, Pertambangan, Kehutanan, Pertanian, Kelautan, Kesehatan, Energi, Industri, dll.

5.Kementerian Lingkungan Hidup dan Region-Region perwakilannya

6.Pihak Swasta yang terkait, seperti Konsultan Lingkungan Hidup, Perusahaan Rumah Sakit, Perusahaan Air Minum, Perusahaan Pertambangan, Kelautan, Bahan pangan, Perusahaan Energi, dan sebagainya.

 

Go to top