Peserta International Seminar - Sustainable Water Management Di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta

YOGYAKARTA, Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) bekerjasaa dengan Nanyang Technological University (NTU) Singapore  menyelenggarakan Seminar Internasional dengan tema Sustainable Water Management pada hari Selasa, 20 Agustus 2019 di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta. Seminardiikuti oleh beberapa kalangan baik dalam maupun luar negeri seperti Kementerian PUPR-RI, Nanyang Technological University Singapore, Khon Kaen University Thailand, University of Peradeniya Sri Lanka, Myanmar, Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Yogyakarta. Kegiatan ini menjadi ruang untuk bertukar pengalaman, ide dan gagasan antar berbagai stakeholder untuk mendapatkan solusi pengelolaan air agar bisa dilakukan secara berkelanjutan demi generasi yang datang.

Penyediaan Air Bersih di dunia sebenarnya merupakan permasalahan  klasik namun belum dapat terselesaikan sampai sekarang. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor seperti musim dan kondisi geografi termasuk kondisi curah hujan, geomormologi dan geologi setempat. Kondisi musim di Indonesia termasuk di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengikuti pola pergerakan angin monsun, yaitu angin monsun barat, monsun timur, dan musim peralihan. Musim kemarau di Indonesia terkait erat dengan peralihan angin monsun barat menjadi angin monsun timur pada periode April hingga Agustus.

Keterbatasan air bersih terjadi di sejumlah daerah, termasuk di DIY terutama Kabupaten Gunungkidul masalahnya lebih berat karena kondisi geomormologi dan geologi, kesadaran penduduk, sedangkan pasokan air bersih dari perusahaan air minum tergolong terbatas.Berbagai usaha telah dilakukan untuk mengatasi masalah air tersebut baik yang dilakukan oleh pemerintah DIY maupun non pemerintah. Mengingat keterbatasan sumberdaya yang dimiliki pemerintah, maka peran serta pihak lain sangat diharapkan.

Kerjasama yang erat antara perguruan tinggi, pemerintah daerah dan masyarakat seperti yang dilakukan oleh Institut Teknologi Yogyakarta (ITY), Nanyang Technological University (NTU) Singapore dan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul merupakan sebuah bukti nyata bagaimana peran perguruan tinggi dapat dirasakan manfaatnya bagi  masyarakat secara umum. Kegiatan yang telah dilakukan melalui kerjasama ini berupa penyediaan air bersih di Telaga Nangsri di Kecamatan Semanu, Kegiatan Save Telaga di Telaga Winong di Kecamatan Saptosari, penyediaan air bersih di Desa Watugajah di Kecamatan Gedangsari dan penyediaan air bersih di Desa Terbah di Kecamatan Pathuk (on going). Model kerjasama seperti itu dapat dijadikan sebagai benchmarking bagi kegiatan sejenis di tempat lain. (tim humas, ed. nk)

Go to top