Workshop “Membangun Kampus Ramah Lingkungan”

INSTITUT TEKNOLOGI YOGYAKARTA - Kamis tanggal 22 November 2018 pukul 08.30 WIB bertempat di Ruang BC Kampus I Institut Teknologi Yogyakarta telah dilaksanakan acara “Workshop Kampus Ramah Lingkungan” sebagai kerjasama antara Forum Komunikasi Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul, dan Institut Teknologi Yogyakarta.

Rangkaian acara diawali dengan pembukaan dan sambutan dari Ketua Panitia Bapak Dr. Ir. Gatot Supangat S, M.P., yang diwakili oleh Ibu Ir. Sri Yuniyarti, M.Par. Sambutan kedua dari Ketua Forum Komunikasi Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul sekaligus sebagai Rektor Institut Teknologi Yogyakarta, yaitu Prof. Dr. Ir. H. Chafid Fandeli.

Acara inti diskusi panel menghadirkan tiga narasumber. Materi pertama disampaikan oleh Bp. Ir. Ahmad Sarwadi, M.Sc. Ph.D (FT-Arsitektur Universitas Gadjah Mada), dengan menyampaikan konsep kampus hijau dari aspek pengelolaan energi, limbah, sampah, dan ruang hijau. Narasumber kedua yaitu Bp. Ir. Wahid, MA (Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul), menyampaikan konsep kampus hijau dari perpektif lingkungan dan beberapa contoh best practices yang telah diterapkan di sekolah-sekolah. Materi ketiga disampaikan oleh Bp. Ing. Faaris Mujaahid, M.Sc. (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), menyampaikan konsep kampus hijau yang telah diterapkan oleh UMY, sekaligus menyampaikan mengenai UI-GreenMetric sebagai tolok ukur penilaian kampus hijau. Bertindak sebagai moderator adalan Ibu Dr. Isana Arum Primasari. Dari workshop dan diskusi panel pada hari Kamis 22 November 2018 dapat diambil kesimpulan bahwa untuk mewujudkan kampus yang ramah lingkungan dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan penerapan manajemen air, energi, sampah dan pengelolaan lingkungan yang baik. Pada kesempatan tersebut ditampilkan pula karya-karya mahasiswa Institut Teknologi Yogyakarta. (nd/ky) – ed. nk

 

Go to top