Live Dialog Interaktif Institut Teknologi Yogyakarta di JOGJA TV-16/8/2018. sumber: JOGJA TV

INSTITUT TEKNOLOGI YOGYAKARTA – Rektor Institut Teknologi Yogyakarta Prof. Dr. Ir. H. Chafid Fandeli bersama Direktur Pascasarjana Dr. Ir. Hj. Rukmini AR., M.Si. memaparkan peranan kampus dalam mengahadapi Era Industri 4.0. dalam acara Bincang Hari Ini di JOGJA TV. Turut hadir dalam acara tersebut Dosen Teknik Lingkungan  Ir. Edy Haryanto, M.S. serta Dosen Teknik Industri R. Heru Prasetio, A.Md., S.T., M.Eng.

Dilansir dari laman Sumber Daya IPTEK & DIKTI, Era industri 4.0 merupakan era revolusi industri akibat dari derasnya atus globalisasi yang disertai dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat.  Era tersebut menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation.

 

 

Skema perkembangan industri. sumber: UKM MIGHT (Malaysian Industry Government for High Technology)

Disadari maupun tidak, masyarakat, pelajar, pengusaha, dan akademisi tetap harus melalui serta menjalani perkembangan industri ini serta perubahannya dari era ke era selanjutnya. Dimana kita tidak boleh lengah dan terlena sehingga hanya dijadikan sebagai obyek, bukan menjadi pelaku utama (subyek) dari kondisi ini. Dalam menghadapi perkembangan dunia industri yang cukup cepat dan ketat akan persaingan, peran kampus sebagai sumber pengetahuan dan teknologi (resources) sangatlah memiliki posisi yang sangat penting. Diawali pada era industri 1.0 sampai pada era industri 4.0 yaitu pada masa era industri sekarang ini.

 

Institut Teknologi Yogyakarta bertekad untuk mencetak lulusan yang unggul dan menjadi institusi pendidikan yang dapat dijadikan rujukan serta sumber ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mengekankan pendidikan yang berbasis pada Green Technology dan Teknologi Kreatif guna menyiapkan lulusan Institut Teknologi Yogyakarta untuk menuju perkembangan teknologi dan industri di masa depan dengan melihat beberapa aspek dan prespektif dalam menghadapi Era Industri 4.0. Disampaikan juga mengenai beberapa peluang-peluang oleh lulusan ITY dalam mengikuti perkembangan industri yang semakin hari bertambah begitu ketat sehingga perlu adanya strategi dalam menghasilakan lulusan yang mampu bersaing pada masa ini. R.Heru-redaksiITY (editor:NK)

Go to top