Perguruan tinggi berkewajian menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disamping melaksanakan pendidikan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M). Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan berupaya mengawal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi. Melalui Simlitabmas, seluruh kegiatan penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan oleh sebuah perguruan tinggi dapat terpantau dan dievaluasi. Tahun 2018, ITY mengalami peningkatan  dalam mendapatkan hibah penelitian dikti, sebanyak 11 judul. Sepuluh judul penelitian dosen pemula dan satu judul Penelitian Strategis Nasional, untuk penelitian kopertis ITY mengusulkan 6 proposal.

 

Tanggal 10 April 2018, LP2M ITY melakukan kunjungan penelitian di Bantul untuk Penelitian Dosen Pemula Ernastin Maria, S.T., M.Eng tentang Removal Limbah Cair Industri Batik dengan Metode Fitoremediasi pada SSF-Wetland Menggunakan Tanaman Obor (Typha Latiofolia). 

Kemudian, tanggal 24 April 2018 LP2M ITY melalakukan kunjungan kembali di Berbah, untuk meninjau Penelitian Strategis Nasional yang dilakukan oleh Drs. Akhsin Zulkoni, M.Si tentang Pemanfaatan tanah Pasir Pantai Selatan Yogykarta untuk Budidaya Tanaman Jagung (Zea Mays) dengan Penambahan Jamur Mikoriza Arbuskula (JMA) dan Bahan Organik dalam Rangka Mendukung Program Ketahanan Pangan.

 

Go to top