Prodi Teknik Kelautan, Fakultas Teknologi Sumber Daya Alam, Institut Teknologi Sumber Daya Alam (ITY) berkomitmen dalam mengawal pembangunan Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Bantul. Hal ini telah dituangkan dalam sebuah Nota Kesepahaman antara Prodi Teknik Kelautan ITY dengan Desa Poncosari Kecamatan Srandakan Bantul pada hari Jumat (9/03/ 2018) di Balai Desa Poncosari. 

 

 

 

Penandatangan dilakukan oleh Kepala Desa Poncosari, H. Supriyanto, SE.,Spt, Ketua Prodi Teknik Kelautan, Edy Masduqi, M.Sc dan Dekan Fakultas Teknologi Sumber Daya Alam, Hj. Warniningsih, M.Kes. Penandatanganan ini disaksikan oleh akademisi dari ITY dan juga warga Desa Poncosari. 

Dekan Fakultas Teknologi Sumber Daya Alam menyambut baik kerjasama ini sehingga dapat berperan serta dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya pesisir dan laut Desa Poncosari. ITY juga dapat berkontribusi kepada masyarakat. 

“Kami sangat senang dan menyambut baik kerjasama ini sebagai bentuk dari Tri Dharma perguruan tinggi dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat”, Kata Hj. Warniningsih.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Kepala Desa Poncosari, H Supriyanto yang menyebutkan bahwa mereka sangat terbantu dengan adanya kerjasama ini. Desa Poncosari memiliki wilayah pesisir yang luas namun, pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya nya belum dimanfaatkan secara maksimal.

 

“Desa Poncosari memiliki potensi wisata di Pantai Kuwaru, Pantai Baru dan Pantai Cangkring. Potensi yang lainnya adalah budidaya udang Vaname. Namun sekarang produksi udang Vaname mengalami penurunan, perlu ada pengenalan teknologi dalam budidaya udang ini. Untuk Pantai Kuwaru sekarang sedang terkena abrasi sehingga perlu ada upaya perbaikan kualitas lingkungan pesisir. Kami sangat membutuhkan bimbingan dan arahan dalam pembangunan wilayah pesisir,” tuturnya.

Dekan Fakultas Teknologi Sumber Daya Alam, Hj Warniningsih menambahkan kerjasama ini merupakan wujud nyata kami dalam pengabdian kepada masyarakat pesisir. Semoga kerjasama ini dapat berjalan sesuai dengan harapan kita dan berjalan dengan baik. 

 

Go to top