Dalam upaya mendukung kegiatan perkuliahan dikampus, Program Studi Teknik Industri mengadakan kegiatan Kunjungan Lapangan. Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa mengenal dunia industri secara langsung serta memberikan gambaran tentang dunia kerja yang nyata. Kunjungan lapangan diadakan pada hari Senin, 2 April 2018 di PT. Mega Andalan Kalasan (MAK) dan CV. Karya Hidup Sentosa (KHS). PT. Mega Andalan Kalasan (MAK) merupakan perusahaan swasta di Indonesia yang memproduksi perlengkapan rumah sakit seperti bed, troli, loker, dll. PT. MAK berlokasi di Jalan Prambanan-Piyungan Km 6, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Sedangkan CV. Karya Hidup Sentosa (KHS) adalah pabrik alat / mesin pertanian yang berlokasi di Jalan Magelang No. 14, Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta. CV. KHS melakukan joint venture dengan KUBOTA Corp, dengan mendirikan pabrik mesin PT. KUBOTA Indonesia di Semarang. Selama kunjungan berlangsung mahasiswa didampingi oleh petugas dari masing-masing perusahaan untuk berkeliling pabrik melihat proses produksi secara langsung. Diharapkan mahasiswa lebih mendalami tentang lingkungan kerja dan teknologi yang digunakan pada perusahan.  

Produk yang dihasilkan MAK adalah perlengkapan rumah sakit dan sepeda motor (Mak Vipros) yang sebagian besar komponen seperti cover body, rangka, swing arm, knalpot asli buatan Kalasan Yogyakarta. Namun saat ini yang lebih difokuskan adalah produk perlengkapan rumah sakit. Perusahaan ini menpunyai konsep manufacturing QCD (Quality, Cost, Delivery). Sehingga produksi bisa berjalan dengan efisien dan efektif serta kepuasan pelanggan juga tercapai. Dalam kunjungan ini mahasiswa dapat melihat secara langsung proses dan mesin-mesin yang digunakan untuk produksi. Seperti stampling sheetforming and machining, welding, plastic injection, castor and wheel manufacturing, painting, perakitan, dan pengepakan. Sedangkan pada CV. Karya Hidup Sentosa memproduksi alat pertanian seperti tractor tangan (power tiller), power thresher, dll. Pada kunjungan ini petugas mengajak berkeliling pabrik untuk melihat proses pembuatan gear tractor, proses Quenching dengan mesin CNC, pembuatan roda gigi dengan cara ditempa, pengecoran logam untuk blok mesin, area perakitan, dan area pengelasan, area painting dan proses pengepakan. Semua produk diberi merk “QUICK” yang artinya cepat. Merk tersebut diusulkan oleh seorang pelanggan yang bernama Bapak Kirjo Hadi Suseno.  

By APS-TW

 

Go to top