Salah satu kegiatan di Sekolah Pascasarjana Institut Teknologi Yogyakarta adalah kegiatan Studi Lapangan. Kegiatan ini bertujuan untuk mendidik mahasiswa Sekolah Pascasarjana Program Studi Ilmu Lingkungan yang memiliki kepribadian, kecerdasan, keterampilan dan pengetahuan lingkungan serta penerapannya. Selain itu kegiatan ini dilakukan untuk menyingkronkan antara teori yang didapatkan di kelas dengan keadaan di lapangan.

Kegiatan studi lapangan dilaksanakan setiap semester dan pada semester ini (Genap 2017/2018) kegiatan diikuti oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Lingkungan angkatan 2016-2 yang dilakukan pada tanggal 3 – 4 April 2018.

Pelaksanaan kegiatan Studi Lapangan dilaksanakan di berbagai Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Adapun tempat tersebut adalah sebagai berikut:

1.Kabupaten Klaten

Kegiatan Studi Lapangan di Kabupaten Klaten dilakukan di dua lokasi yaitu di Pabrik Gula Gondang Winangoen dan CV Grafika Dua Tujuh.

 

Gambar Pabrik Gula Gondang Winangoen

 

 

Penerbit CV Grafika Dua Tujuh

2.Kabupaten Boyolali

Kegiatan Studi Lapangan di Kabupaten Boyolali dilakukan di Peternakan dan Pemerahan Susu Sapi PARAS.

 

Peternakan dan Pemerahan Susu Sapi PARAS

3. Kabupaten Karanganyar

Kegiatan Studi Lapangan di Kabupaten Karanganyar dilakukan dengan mengunjungi dua lokasi yaitu Pasar Wisata Tawangmangu dan Agrowisata Watu Sambang.

 

Pasar Wisata Tawangmangu

 

 

 

Agrosiwata Watusambang

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa dapat pengalaman serta dapat menerapkan teori yang diperoleh di kelas guna mengatasi permasalahan-permasalahan lingkungan yang ada dilapangan. (NK)

 

Go to top