Pada tanggal 1 April 2018 Institut Teknologi Yogyakarta turut berpartisipasi dalam Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 Kota Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta. 70 orang mahasiswa ITY turut terjun dalam aksi pungut sampah di sepanjang Jalan Margo Utomo dari kawasan Stasiun Tugu hingga ke titik utama di Kawasan Tugu Jogja, bersama-sama dengan Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 KLHK RI dan Kepala DLH Kota Yogyakarta. 70 orang mahasiswa tersebut adalah perwakilan dari elemen organisasi kemahasiswaan ITY yang terdiri dari Senat Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, Keluarga Mahasiswa Islam, Persekutuan Mahasiswa Kristiani, Kelompok Studi Lingkungan Buana Kalpataru, Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) STTL, serta Himpunan Mahasiswa Program Studi: Teknik Lingkungan, Teknik Pertambangan, dan Teknik Energi. 

 

Sampah hingga saat ini masih menjadi persoalan pelik di Indonesia. Masalah sampah bukan hanya persoalan yang harus diatasi oleh pemerintah ataupun akademisi, namun merupakan persoalan semua orang. Penyelesaian masalah sampah tidak bisa dilakukan dengan sekadar mengirimkan sampah untuk ditampung di TPA, tetapi menyangkut gaya hidup atau kebiasaan untuk meminimalkan timbulnya sampah. Gaya hidup atau kebiasaan ini sangat bergantung pada pola pikir atau persepsi masyarakat mengenai sampah. Oleh karena itu pemerintah mencanangkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) sebagai salah satu upaya untuk menanamkan kesadaran kepada masyarakat agar peduli dengan persoalan sampah.

Kedepannya Institut Teknologi Yogyakarta berkomitmen untuk turut serta berpartisipasi dalam segala bentuk kegiatan aksi/kampanye peduli lingkungan, terutama yang ada di wilayah D.I Yogyakarta, dengan melibatkan seluruh elemen kampus terutama mahasiswa Insitut Teknologi Yogyakarta

 

Go to top