Pada hari Kamis 29 Maret 2018 - Minggu 1 April 2018, dilaksanakan acara Social Visit II di Desa Kemutuk, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Sosial dan Ekonomi Himpunan Mahasiswa Alih Jalur ITY. Kegiatan ini diikuti oleh 43 mahasiswa Alih Jalur dan didukung oleh seluruh warga desa, baik orang tua maupun anak-anak. Social Visit II (Sosvit II) berkolaborasi dengan Kitabisa.com dan Inovator Nusantara serta disponsori oleh Daarut Tauhid, Kayana Air Mineral, dan Spesial Sambal. Kegiatan ini terdiri dari sambutan-sambutan, penyuluhan kesehatan, bersih-bersih lingkungan desa, cek kesehatan, pelatihan lingkungan, ramah tamah dan pembelajaran untuk anak-anak, berbagai lomba menarik, senam pagi, gotong royong, mengecat lingkungan desa, pentas seni, melukis kreasi tong sampah serta games seru dan ditutup dengan acara cap tangan di tembok SD sebagai simbol dari peserta dan panitia dalam acara Social Visit II.

 

 

 

 

Kegiatan dimulai pada Kamis malam. Beberapa pihak memberi sambutan pada acara ini diantaranya Bapak Suyanto selaku Sekertaris Desa Kemutuk, Andrie Effendi selaku ketua HIMA AJ, dan Arif Nurhidayat selaku ketua pelaksana. Hari pertama diadakan Penyuluhan kesehatan dan ecobrickoleh Yusuf Totopurwoko (mahasiswa alih jalur). Lalu dilanjutkan dengan bersih bersih lingkungan di Desa Kemutuk oleh mahasiswa ITY serta warga Desa Kemutuk.Cek kesehatan oleh tim dokter dari Karima. Lalu malamnya dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan pembelajaran untuk anak-anak yang bertujuan untuk menambah wawasan untuk anak-anak Desa Kemutuk dalam pendidikan formal maupun non-formal. Hari kedua, dimulai dengan senam pagi yang dipimpin oleh Sultanah, senam pagi diikuti oleh peserta dan warga Desa. Lalu acara utama yaitu gotong royong dilakukan setiap hari, acara gotong royong dengan agenda mengecat Desa Kemutuk menjadi indah, adapun tempat yang di cat yaitu jalan sekitar kemutuk, gapura, mushola, toilet serta jembatan. Siang sampai sorenya diadakan berbagai lomba untuk anak-anak dan ibu-ibu. Acara malam yaitu acara puncak yaitu pentas seni yang menampilkan tampilan tarian dan puisi dari anak-anak Desa Kemutuk, penampilan dari mahasiswa ITY, khosidahan dari pemuda desa, dan menonton film bareng. Hari ketiga, hari terakhir acara ditutup meriah dengan adanya menghias tong sampah serta cap tangan di tembok yang merupakan simbol untuk peserta serta anak-anak Desa Kemutuk yang telah ikut serta dalam acara Social Visit II ini.

Setiap harinya dilaksanakan acara perlombaan anak-anak. Para peserta sangat antusias dan berusaha memenangkan permainan tersebut. Permainan terdiri darilomba mewarnai, hafalan surat, lomba adzan, lomba makan kerupuk, lomba balap karung, lomba kelereng, lomba lari d, n lomba masak ibu-ibu.Menurut Bapak Suyanto selaku Sekdes Desa Kemutuk kegiatan yang dilakukan ini lebih dari KKN dan lebih memberikan aksi dan dampak yang nyata bagi Desa Kemutuk. Sedangkan menurut Andrie (Ketua Hima AJ ITY) kegiatan Social Visit ini memberikan nilai moral baru bagi mahasiswa dan memberikan arti perubahan yang lebih nyata untuk masyarakat. Kegiatan ini dapat berjalan dengan baik berkat adanya dukungan dari donatur dan sponsor, partisipasi dan antusias warga desa yang membuat peserta Sosvit II semangat dan bahagia. Dalam beberapa hari saja peserta Sosvit II dapat akrab menjalin kedekatan emosional dengan anak-anak dan warga sehingga ketika acara selesai, banyak warga dan peserta bersedih bahkan meneteskan air mata. Kegiatan Sosvit II ini membuat “kami” susah “move on”. Semoga kegiatan ini dapat berlanjut dan memberikan manfaat bagi semuanya.

Go to top