SURABAYA – Institut Teknologi Yogyakarta mengikuti konferensi internasional di Universitas Airlangga pada tanggal 12 Maret 2018 dengan tema '"Peningkatan Kualitas Lingkungan Kota" yang diwakili oleh Bimastyaji Surya Ramadan, ST MT. Konferensi internasional lahir dari inisiatif University of Kitakyushu bersama dengan mitra institusinya sebagai sharing workplace  dari kolaborasi riset yang telah mereka lakukan. 

Sehari setelahnya, Fakultas Teknik Lingkungan Institut Teknologi Yogyakarta (FTL-ITY) bersama dengan Graduate School of Environmental Engineering, University of Kitakyushu telah bersama-sama menyepakati dan menandatangani perjanjian kerja sama riset pada tanggal 13 Maret 2018 di Hotel Midtown, Surabaya. ITY diwakili oleh Irene Arum Anggarawati, ST MT sedangkan University of Kitakyushu ditandatangani oleh Prof. Toru Matsumoto. University of Kitakyushu telah menjalin kerja sama dalam bidang riset dan akademik (terutama pada tema-tema pengelolaan lingkungan) dengan 12 kampus di Indonesia, dimana ITY menjadi anggota baru dalam konsorsium universitas tersebut. 

 

Ruang lingkup kerja sama yang akan dilakukan adalah 

1.Pertukaran mahasiswa (baik sarjana maupun pascasarjana) dan anggota fakultas

2.Kolaborasi riset seperti studi lapangan, pengambilan dan analisis data serta penyelenggaraan pertemuan akademik bersama

3.Pertukaran paper-paper penelitian dan publikasi akademik

Kerjasama ini akan berlangsung selama 3 tahun terhitung dari tanggal penandatanganan yang telah dijelaskan sebelumnya. Harapannya, kerja sama ini akan memperluas jaringan dan kesempatan bagi warga kampus ITY untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas institusi sehingga dapat lulusan ITY memiliki daya saing yang tinggi.

Go to top