Dalam rangka kerjasama antara Pihak Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) dengan, tim Teknik Kelautan dengan didampingi pihak rektorat ITY melakukan kunjungan bersama ke Desa Sogan dan Kawasan Pasir Mendit pada hari minggu 4 Maret 2018. Tujuan kunjungan tersebut untuk :

  1. Mengetahui lokasi lahan yang akan dihibahkan Puro Pakualaman (PA) ke pihak ITY.
  2. Mendapatkan gambaran kawasan Pasir Mendit yang akan menjadi lokasi field research station.

Peserta kunjungan lapangan tersebut, pihak Pakualaman diwakili Bp. Ir.Banyudono, MSc  dua orang staff, dan dua petugas lapangan. Sedangkan dari ITY diwakili Ibu Hj. Dra. Lily Msi; Ibu Ir Yuni M.Par; Kaprodi Teknik Kelautan, dua dosen dari Teknik Kelautan dan Teknik Industri. Salah satu petugas lapangan adalah pengelola  mangrove Wanatirta.

 

Berdasarkan kunjungan lapangan bersama tersebut dapat diinformasikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Alokasi PA Ground di Desa Sogan seluas 7.000 m, kemungkinan akan bertambah, dengan kondisi eksisting di seberang Balai Desa Sogan,  persawahan, kebun,  bekas sekolah Belanda,, dekat permukiman warga. Posisi bidang tanah tersebut sangat strategis, karena berada di tepi jalan nasional dan relatif dekat dengan Bandara NYIA (New Yogyakarta International Air port). Rencana pemanfaatan bidang tanah adalah untuk kampus ITY, sesuai titah PA IX.
  2. Field research station di Kawasan Pasir Mendit, dengan panjang sekitar 13 km, potensi ekosistem mangrove yang sudah terbentuk, kondisi eksisting pertambakan, pariwisata. Potensi yang bisa dikembangkan silvofishery, museum alam ekosistem mangrove, pemberdayaan masyarakat, pemanfaatan limbah tambak udang untuk pupuk pertanian, rehabilitasi lahan eks tambak.

 

Gambar 2 Budidaya Kepiting dengan Pelampung  di lokasi Pasir Mendit

Go to top