Pada hari Selasa tanggal 28 November tahun 2017 di Kepatihan Yogyakarta dilakukan penandatanganan MOU (Memorandum of Understanding) antara Institut Teknologi Yogyakarta dari Indonesia dengan Nanyang Technological University (NTU) dari Singapore. Kegiatan MOU ini ditujukan untuk mengembangkan kegiatan secara bersama yang berbasis pada penelitian dan pengabdian masyarakat untuk dapat diimplementasikan di masyarakat. Ruang lingkup kerjasama meliputi kegiatan yang mencakup bidang lingkungan yaitu pengelolaan limbah, air bersih, kesehatan, sanitasi dan pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan. 

 

Penandatangangan MOU dari ITY diwakili oleh Rektor ITY yaitu Prof Dr Chafid Fandeli dan Ketua Yayasan Lingkungan Hidup yaitu Nico Ngani. Dari pihak NTU diwakili Dr Adil M. Dhalla sebagai Executive Director (Interim) Nanyang Environment & Water Research Institute (NEWRI) dan Director NEWRI Community Development Prof Ng Wun Jern.

Pada tahap awal kegiatan MOU ini akan berlaku selama 2 tahun dan dilakukan di wilayah Kabupaten Gunung Kidul dengan tujuan membantu pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan akses air bersih bagi masyarakat. Kegiatan ini didahului oleh kegiatan implementasi penyediaan air bersih melalui sumur filtrasi di Desa Candirejo. 

Saat ini, kelompok kerja dari ITY dan NEWRI sedang melaksanakan studi kelayakan dan konsultasi dengan masyarakat untuk implementasi di desa berikutnya, yaitu desa Watugajah di Gunungkidul.

Terima kasih.

 

Go to top