News

 

Prodi Teknik Pertambangan mengadakan kegiatan rutin tiap semester yaitu Kuliah Umum. Kegiatan kuliah umum dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2018. Longsoran merupakan suatu bencana alam yang sering terjadi pada lereng-lereng alami maupun buatan kebanyakan longsor terjadi pada saat tekanan air tanah meningkat yang mengakibatkan penurunan kuat geser tanah dan sudut geser dalam yang menyebabkan kelongsoran. Pada saat menrancang suatu tambang maka dilakukan suatu analisis terhadap kestabilan lereng yang terjadi karena proses penimbunan atau penggalian sehingga dapat memberikan keamanan pada rancangan tersebut.

Dari latar belakan tersebut maka kami mengangkat tema kuliah umum “Antisipasi Longsoran di PIT Tambang dan Langkah Penangannya”. Tujuan dari kuliah umum ini adalah mahasiswa dapat mengetahui paramater yang harus diperhatikan dalam menimbun disposal, dan melakukan tindakan penanganan longsorsan disposal di PIT. Pembicara kuliah umum yaitu pakar dalam bidang geomekanika adalah Dr. Andy Erwin Wijaya, S.T., M.T. (Ketua Jurusan Teknik Pertambangan STTNAS). 

 

Mahasiswa Program Studi Teknik Kelautan dalam Kegiatan Penanaman Bibit Mangrove di pesisir Pantai Baros Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta

BANTUL  Program Studi Teknik Kelautan Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) bekerjasama dengan Keluarga Pemuda Pemudi Baros (KP2B) melakukan aksi lingkungan berupa penanaman spesies mangrove di Muara Sungai Opak, tepatnya di Baros pada hari Sabtu, 5 Januari 2019. Pada kegiatan tersebut 100 batang magrove dengan spesies Rhizopora sp telah ditanam di lokasi tersebut serta diikuti dengan diskusi antara peserta dan KP2B sebagai pengelola hutan mangrove Baros. Kegiatan diskusi bertempat di Balai Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Bantul. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai ekosistem mangrove kepada mahasiswa Program Studi Teknik Kelautan khususnya serta peserta pada umum. Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian akademisi dalam menjaga kelestarian lingkungan, dalam hal ini khususnya lingkungan pesisir.

Read more: BENTENG MANGROVE PANTAI BAROS - AKSI DAN KOMUNIKASI SERTA PERAN PROGRAM STUDI TEKNIK KELAUTAN ITY

Pada hari kamis, tanggal 27 September 2018 dilakukan kegiatan Peresmian Sistem Penyediaan Air Bersih Berbasis Masyarakat Di Dusun Tamansari, Desa Watugajah, Kec. Gedangsari, kab. Gunungkidul. Peresmian ini dilakukan oleh Aning Sri Mintarsih, SP.,MT.,MSHS dari Bappeda (mewakili Bupati Gunungkidul), Prof.Dr.Chalid Fandeli selaku Rektor Institut Teknologi Yogyakarta dan Prof. Shane Allen Snyder selaku Executive Director NEWRI-NTU Singapura (Nanyang Environment & Water Research Institute-Nanyang Technological University) dengan disaksikan oleh segenap instansi terkait dan juga warga masyarakat setempat. Kegiatan ini juga merupakan bentuk implementasi kesepakatan kerjasama melalui MOU antara Institut Teknologi Yogyakarta dan Nanyang Technological University Singapore. 

Read more: ITY DAN NEWRI-NTU SINGAPORE MENGEMBANGNKAN SISTEM PENYEDIAAN AIR BERSIH BERBASIS MASYARAKAT DI...

Setelah melalui perjalanan panjang dan prosedure yang ditetapkan oleh Pusat, Himpunan Mahasiswa Teknik Energi Institut Teknologi Yogyakarta (HMTE ITY) Dilantik secara resmi sebagai anggota baru Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Energi Indonesia (FKMTE INDONESIA) bersama kampus STTN BATAN Yogyakarta pada Rapat Kerja Wilayah Jawa di Politeknik Negeri Jember pada tanggal 27-29 April 2018.

Read more: HMTE ITY RESMI BERGABUNG DI FORUM TINGKAT NASIONAL

Pada hari Selasa tanggal 28 November tahun 2017 di Kepatihan Yogyakarta dilakukan penandatanganan MOU (Memorandum of Understanding) antara Institut Teknologi Yogyakarta dari Indonesia dengan Nanyang Technological University (NTU) dari Singapore. Kegiatan MOU ini ditujukan untuk mengembangkan kegiatan secara bersama yang berbasis pada penelitian dan pengabdian masyarakat untuk dapat diimplementasikan di masyarakat. Ruang lingkup kerjasama meliputi kegiatan yang mencakup bidang lingkungan yaitu pengelolaan limbah, air bersih, kesehatan, sanitasi dan pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan. 

Read more: ITY DENGAN NANYANG TECHNOLOGICAL UNIVERSITY (NTU) SINGAPORE SEPAKAT BEKERJASAMA MELALUI MOU

  •  Start 
  •  Prev 
  •  1  2  3  4  5  6  7  8 
  •  Next 
  •  End 

Page 1 of 8

Go to top