News

Setelah melalui perjalanan panjang dan prosedure yang ditetapkan oleh Pusat, Himpunan Mahasiswa Teknik Energi Institut Teknologi Yogyakarta (HMTE ITY) Dilantik secara resmi sebagai anggota baru Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Energi Indonesia (FKMTE INDONESIA) bersama kampus STTN BATAN Yogyakarta pada Rapat Kerja Wilayah Jawa di Politeknik Negeri Jember pada tanggal 27-29 April 2018.

Read more: HMTE ITY RESMI BERGABUNG DI FORUM TINGKAT NASIONAL

Pada hari Selasa tanggal 28 November tahun 2017 di Kepatihan Yogyakarta dilakukan penandatanganan MOU (Memorandum of Understanding) antara Institut Teknologi Yogyakarta dari Indonesia dengan Nanyang Technological University (NTU) dari Singapore. Kegiatan MOU ini ditujukan untuk mengembangkan kegiatan secara bersama yang berbasis pada penelitian dan pengabdian masyarakat untuk dapat diimplementasikan di masyarakat. Ruang lingkup kerjasama meliputi kegiatan yang mencakup bidang lingkungan yaitu pengelolaan limbah, air bersih, kesehatan, sanitasi dan pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan. 

Read more: ITY DENGAN NANYANG TECHNOLOGICAL UNIVERSITY (NTU) SINGAPORE SEPAKAT BEKERJASAMA MELALUI MOU

Mahasiswa Teknik Energi (TE) kuliah Lapangan ke Pusat Pengolahan Limbah Domestik Balai PISAMP di Sewon Bantul. Mempelajari potensi Limbah Domestik yang berpotensi Bioenergi, Limbah Padat Domestik. Belajar Konsep Teknologi Bersih, Manajemen Limbah dan Pencemaran Limbah.

Read more: Kuliah Lapangan Teknik Energi

Menanamkan kecintaan akan lingkungan dengan kesadaran akan masalah sampah kalangan rermaja. Bank Sampah PMR Handayani menggelar Gropyok Sampah di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Minggu (6/5).

Sri handayani, Ketua Umum Bank Sampah PMR Handayani mengutarakan Gropyok Sampah di Ponpes merupakan aset besar dan potensial untuk dikembangkan. Sebab hal ini menanamkan pada para santri akan kecintaan terhadap lingkungan dan sadar akan masalah sampah yang kini tengah dihadapi oleh hampir semua daerah berkembang. “Menumbuhkan kesadaran dari hal-hal kecil, seperti tidak membuang bungkus makanan dengan sembarangan”, ujarnya.

Read more: KERJA SAMA ANTARA BANK SAMPAH PMR SRI HANDAYANI DENGAN LP2M ITY Gropyok Sampah di Pondok Pesantren...

Mahasiswa memerlukan pandangan langsung tentang bagaimana dunia lapangan kerja yang sesungguhnya, untuk melihat secara langsung penggunaan dan penerapan teknologi di dalam dunia pekerjaan dan perindustrian mahasiswa terjun langsung ke lapangan. Oleh sebab itu program studi teknik industri mengadakan kunjungan industri ke PT. Madubaru PG-PS Madukismo. PG-PS madukismo adalah satu-satunya pabrik gula dan pabrik alkohol/spirtus di propinsi daerah Istimewa Yogyakarta yang mengemban tugas untuk mensukseskan program pengadaan pangan nasional, khususnya gula pasir. Perusahaan ini memiliki usaha dibidang produksi utama dan sampingan. Produksi utamanya berupa gula pasir dengan kualitas SHS lA (superior Head Sugar )atau KGP (Gula Kristal Putih). Sedangkan produk sampingnya berupa alkohol murni (kadar 95%) dan Spiritus bakar (kadar 94%). Dalam kunjungan ini mahasiswa dapat langsung mengamati bagaimana cara pembuatan gula pasir, pembuatan alkohol dan spiritus sampai dengan cara pengemasannya. Dapat mengetahui dan melihat langsung alat-alat yang digunakan seperti: Talang getar, alat penggiling tebu, alat pemanas (Raw juice Heatiang), bejana pengendapan (door clarifier), turbin, tangki serfobalance, evaporator, tangki defikator, tangki sulfikasi, kondensat, dll. 

Read more: KUNJUNGAN INDUSTRI - PT. MADUBARU PG-PS MADUKISMO YOGYAKARTA

  •  Start 
  •  Prev 
  •  1  2  3  4 
  •  Next 
  •  End 

Page 1 of 4

Go to top