News

 

Prodi Teknik Pertambangan mengadakan kegiatan rutin tiap semester yaitu Kuliah Umum. Kegiatan kuliah umum dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2018. Longsoran merupakan suatu bencana alam yang sering terjadi pada lereng-lereng alami maupun buatan kebanyakan longsor terjadi pada saat tekanan air tanah meningkat yang mengakibatkan penurunan kuat geser tanah dan sudut geser dalam yang menyebabkan kelongsoran. Pada saat menrancang suatu tambang maka dilakukan suatu analisis terhadap kestabilan lereng yang terjadi karena proses penimbunan atau penggalian sehingga dapat memberikan keamanan pada rancangan tersebut.

Dari latar belakan tersebut maka kami mengangkat tema kuliah umum “Antisipasi Longsoran di PIT Tambang dan Langkah Penangannya”. Tujuan dari kuliah umum ini adalah mahasiswa dapat mengetahui paramater yang harus diperhatikan dalam menimbun disposal, dan melakukan tindakan penanganan longsorsan disposal di PIT. Pembicara kuliah umum yaitu pakar dalam bidang geomekanika adalah Dr. Andy Erwin Wijaya, S.T., M.T. (Ketua Jurusan Teknik Pertambangan STTNAS). 

 

Setelah melalui perjalanan panjang dan prosedure yang ditetapkan oleh Pusat, Himpunan Mahasiswa Teknik Energi Institut Teknologi Yogyakarta (HMTE ITY) Dilantik secara resmi sebagai anggota baru Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Energi Indonesia (FKMTE INDONESIA) bersama kampus STTN BATAN Yogyakarta pada Rapat Kerja Wilayah Jawa di Politeknik Negeri Jember pada tanggal 27-29 April 2018.

Read more: HMTE ITY RESMI BERGABUNG DI FORUM TINGKAT NASIONAL

Pada tanggal 7 sampai dengan 24 Mei 2018, salah satu staf pengajar di Program Studi Teknik Kelautan dan 2 mahasiswa, berkesempatan untuk melakukan kajian Bersama dengan kelompok peneliti dari Balai Arkeologi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kelompok peneliti terdiri dari beragam bidang dan latar belakang Pendidikan. Penelitian yang di adakan di Pulau Bawean ini telah memasuki tahun ke empat dari program empat tahun penelitian yang dibiayai oleh kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Program Studi Teknik Kelautan terlibat dalam kajian ini dikarenakan keilmuan dan kerjasama antara Program Studi Teknik Kelautan dan Balai Arkologi yang telah dirintis sejak tahun lalu.

Read more: KAJIAN “PERAN PULAU BAWEAN PADA POROS MARITIM NUSANTARA”

Pada hari Selasa tanggal 28 November tahun 2017 di Kepatihan Yogyakarta dilakukan penandatanganan MOU (Memorandum of Understanding) antara Institut Teknologi Yogyakarta dari Indonesia dengan Nanyang Technological University (NTU) dari Singapore. Kegiatan MOU ini ditujukan untuk mengembangkan kegiatan secara bersama yang berbasis pada penelitian dan pengabdian masyarakat untuk dapat diimplementasikan di masyarakat. Ruang lingkup kerjasama meliputi kegiatan yang mencakup bidang lingkungan yaitu pengelolaan limbah, air bersih, kesehatan, sanitasi dan pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan. 

Read more: ITY DENGAN NANYANG TECHNOLOGICAL UNIVERSITY (NTU) SINGAPORE SEPAKAT BEKERJASAMA MELALUI MOU

 

Gropyok Sampah di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta

Menanamkan kecintaan akan lingkungan dengan kesadaran akan masalah sampah kalangan rermaja. Bank Sampah PMR Handayani menggelar Gropyok Sampah di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Minggu (6/5).

Sri handayani, Ketua Umum Bank Sampah PMR Handayani mengutarakan Gropyok Sampah di Ponpes merupakan aset besar dan potensial untuk dikembangkan. Sebab hal ini menanamkan pada para santri akan kecintaan terhadap lingkungan dan sadar akan masalah sampah yang kini tengah dihadapi oleh hampir semua daerah berkembang. “Menumbuhkan kesadaran dari hal-hal kecil, seperti tidak membuang bungkus makanan dengan sembarangan”, ujarnya.

Read more: KERJA SAMA ANTARA BANK SAMPAH PMR SRI HANDAYANI DENGAN LP2M ITY

  •  Start 
  •  Prev 
  •  1  2  3  4  5  6 
  •  Next 
  •  End 

Page 1 of 6

Go to top