Sambutan Rektor ITY

Keberadaan Institut Teknologi Yogyakarta tidak bisa terpisahkan dengan pendirian Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan (STTL) YLH yang telah berdiri dan beroperasional sejak tahun 1983. Perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang menawarkan pendidikan teknologi dibindang lingkungan hidup. Perjalanan selama 30 tahun ini telah banyak yang telah dihasilkan oleh STTL dalam pengabdiannya pada nusa dan bangsa. Hampir 3500 alumni STTL telah mengabdi diri untuk kepentingan bangsa dalam berbagai sektor di swasta maupun pemerintah.

baca lebih lanjut...

 

P M B

Di ITY yang mempunyai visi untuk mencetak sarjana teknik yang siap kerja, selalu diperjuangkan dan tercermin dalam kurikulumnya. Adanya berbagai kegiatan praktikum, praktek lapangan dan pemagangan untuk dipersiapkan agar siap masuk kerja merupakan salah satu misi yang selalu diperjuangkan.  Dengan demikian sarjana ITY lulusan merupakan sarjana yang unggul, trampil dan menguasai ilmu lingkungan untuk dipraktekan dalam memasuki dunia kerja. 

baca lebih lanjut...

Berita Terbaru

Beasiswa Mahasiswa

Kuliah Lapangan II Teknik Pertambangan di PT Semen Indonesia & PT Jara Silica, Tuban, Jawa Timur

Kuliah Lapangan II prodi Teknik Pertambangan ITY dilaksnakan pada tanggal 30 - 31 Juli 2018. Kuliah lapangan II diikuti oleh mahasiswa semester 6 sebanyak 26 mahasiswa dan didampingi oleh 2 dosen pembimbing. Kuliah Lapangan II ini berupa kunjungan ke perusahaan pertambangan yaitu PT Semen Indoensia dan PT Jara Silica. 

PT Semen Indonesia merupakan perusahan pertambangan yang bergerak dibidang industri semen, sedangkan PT Jara Silica perusahan yang bergerak dibidang pemurnian pasir silica. Kuliah lapangan II memberikan gambaran secara langsung kepada mahasiswa tentang tambang terbuka khususnya industri semen dan pemurnian pasir silica, sehingga mereka dapat mementukan sikap dalam menekuni pendidikan di bidang pertambangan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat membandingkan antara teori-teori yang diperoleh di bangku kuliah dengan keadaan sebenarnya di lapangan, juga melatih dan menumbuhkan jiwa persatuan dan kesatuan serta kerja sama di antara mahasiswa dalam menghadapi persoalan dibidang pertambangan.

 

Kunjungan ke PT Semen Indonesia

Read more...

Oil Purification

Kinerja dosen dalam berkarir diukur dalam tiga kegiatan, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Program Studi Teknik Industri (PSTI) Institut Teknologi Yogyakarta berkomitmen dalam pengembangan keilmuan melalui penelitian yang dilakukan oleh para dosennya. Salah satu dosen PSTI yang aktif dalam penelitian adalah Desi Erlita, dimana pada tahun 2018 ini melakukan penelitian dengan tema penjernihan minyak jelantah dengan ampas tebu. Pada penelitian yang didanai dengan anggaran Kemenristek Dikti pada skim Penelitian Dosen Pemula   tersebut bertujuan untuk mereduksi kadar asam lemak bebas dan angka peroksida pada minyak jelantah. Asam lemak bebas dan peroksida merupakan senyawa yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, dimana dapat meningkatkan resiko jantung koroner dan kanker. Metode yang dilakukan adalah menerapkan metode adsorpsi dengan ampas tebu.

Read more...

PERAN SERTA KAMPUS DALAM MENGHADAPI ERA INDUSTRI 4.0

 

Live Dialog Interaktif Institut Teknologi Yogyakarta di JOGJA TV-16/8/2018. sumber: JOGJA TV

INSTITUT TEKNOLOGI YOGYAKARTA – Rektor Institut Teknologi Yogyakarta Prof. Dr. Ir. H. Chafid Fandeli bersama Direktur Pascasarjana Dr. Ir. Hj. Rukmini AR., M.Si. memaparkan peranan kampus dalam mengahadapi Era Industri 4.0. dalam acara Bincang Hari Ini di JOGJA TV. Turut hadir dalam acara tersebut Dosen Teknik Lingkungan  Ir. Edy Haryanto, M.S. serta Dosen Teknik Industri R. Heru Prasetio, A.Md., S.T., M.Eng.

Dilansir dari laman Sumber Daya IPTEK & DIKTI, Era industri 4.0 merupakan era revolusi industri akibat dari derasnya atus globalisasi yang disertai dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat.  Era tersebut menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation.

Read more...

Penandatanganan MoU ITY-UKM (Universiti Kebangsaan Malaysia)

 

Rektor Institut Teknologi Yogyakarta, Prof. Dr. Ir. H. Chafid Fandeli  menandatangani Nota Kesepahaman bersama Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) yang diwakili oleh Assoc. Prof. Dr. Edy Herianto Majlan, AMIChemE. pada hari Jum’at, 13 Juli 2018 di Gedung Pascasarjana Institut Teknologi Yogyakarta. Acara tersebut dihadiri pula oleh jajaran eksekutif ITY, perwakilan Yayasan Lingkungan Hidup Yogyakarta, majelis Guru Besar ITY, Dekan dan Dosen serta Alumni Sekolah Pascasarjana Institut Teknologi Yogyakarta.

Nota kesepahaman tersebut meliputi kerjasama dibidang pendidikan dan penelitian bersama antara Institut Teknologi Yogyakarta dengan Universiti Kebangsaan Malaysia selama periode 3 tahun kedepan. Dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan Institut Teknologi Yogyakarta menjadi Institut yang berkembang di kancah Nasional maupun Internasional. Salah satu realisasi bentuk kejasama tersebut adalah akan dikirimnya beberapa dosen dan alumni Sekolah Pascasarjana Institut Teknologi Yogyakarta untuk mengikuti pendidikan Doktoral di Universiti Kebangsaan Malaysia serta beberapa kerjasama dalam bidang penelitian. (nk)

 

Berita

Kontak

Kampus ITY

Jl. Janti Km.4 Gedongkuning Yogyakarta

Tel/Fax. (0274) 566863

E-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

KLIK untuk panduan lokasi

Go to top