Sambutan Rektor ITY

Keberadaan Institut Teknologi Yogyakarta tidak bisa terpisahkan dengan pendirian Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan (STTL) YLH yang telah berdiri dan beroperasional sejak tahun 1983. Perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang menawarkan pendidikan teknologi dibindang lingkungan hidup. Perjalanan selama 30 tahun ini telah banyak yang telah dihasilkan oleh STTL dalam pengabdiannya pada nusa dan bangsa. Hampir 3500 alumni STTL telah mengabdi diri untuk kepentingan bangsa dalam berbagai sektor di swasta maupun pemerintah.

baca lebih lanjut...

 

P M B

Di ITY yang mempunyai visi untuk mencetak sarjana teknik yang siap kerja, selalu diperjuangkan dan tercermin dalam kurikulumnya. Adanya berbagai kegiatan praktikum, praktek lapangan dan pemagangan untuk dipersiapkan agar siap masuk kerja merupakan salah satu misi yang selalu diperjuangkan.  Dengan demikian sarjana ITY lulusan merupakan sarjana yang unggul, trampil dan menguasai ilmu lingkungan untuk dipraktekan dalam memasuki dunia kerja. 

baca lebih lanjut...

Keberadaan Institut Teknologi Yogyakarta tidak bisa terpisahkan dengan pendirian Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan (STTL) YLH yang telah berdiri dan beroperasional sejak tahun 1983. Perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang menawarkan pendidikan teknologi dibindang lingkungan hidup. Perjalanan selama 30 tahun ini telah banyak yang telah dihasilkan oleh STTL dalam pengabdiannya pada nusa dan bangsa. Hampir 3500 alumni STTL telah mengabdi diri untuk kepentingan bangsa dalam berbagai sektor di swasta maupun pemerintah. Ilmu dan teknologi dibidang lingkungan telah di kuasai dan dikembangan secara sempurna pada tataran epistemologo, ontologi dan aksiologi.
Sekolah Tinggi Teknik Lingkugan merasa terpanggil untuk pengabdiannya yang lebih luas dan lebih besar untuk membantu memecahkan persoalan bangsa. Sejak awal STTL telah berkomitmen mengembangakan konsep pembangunan yang berawasan lingkungan, pembangunan yang tidak merusak lingkungan. Tetapi saat ini pembangunan yang demikian tidaklah cukup. Pembangunan harus dilaksanakan dengan konsep pembangunan berkelanjutan atau sustainable development.
Pembangunan berkelanjutan yaitu pembangunan yang memenuhi 3 kriteria berwawasan/tidak merusak lingkungan, memberdayakan masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi local dan pembangunan yang meningkatkan eksistensi budaya masyarakat, konsep pembangunan ini telah dimulai sejak adanya RIO SUMMIT pada tahun 1992 dan menjadi agenda pembangunan bangsa-bangsa termasuk di Indonesia.
Saat ini Indonesia bertekat untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan ini dengan melaksanakan kebijakan sesuai dengan undang undang no 32 Tahun 2009. Tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan. Berdasar pada kebijakan inilah maka STTL harus menyesuaikan dan berbuat yang lebih besar serta lebih luas yaitu dengan merubah  bentuk perguruan tinggi dari sekolah menjadi institut. Pilihan yang masih relevan dan meneruskan cita cita dalam visi STTL yaitu Mamayu Hayuning Bawono, adalah Institut Teknologi Yogyakarta, dengan harapan ikut berperan dalam menunjang keistimewaan daerah istimewa Yogyakarta, dalam mencetak teknokrat yang menguasai IPTEK yang mampu menciptakan kualitas lingkungan dalam mengelola sumberdaya alam dan lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Pilihan program studi Unggulan.
Program studi yang relevan dengan cita cita STTL yang mamayu hayuning bawono adalah
1.    Progdi Teknik Lingkungan (S1)
2.    Progdi Pasca Sarjana Ilmu Lingkungan (S2)
3.    Progdi Teknik Industri (S1)
4.    Prodi Teknik Energi (S1)
5.    Progdi Teknik Kelautan (S1)
6.    Progdi Teknik Pertambangan (S1)
Pilihan terhadap enam prodi tersebut adalah bidang dan kompetensi yang sama atau linier untuk dapat menawarkan suatu konsep IPTEK yang dapat mensukseskan pembangunan berkelanjutan seperti dalam agenda Global Rio Summit yang Indonesia ikut berkomitmen untuk mensukseskannya. Teknologi Hijau atau Green Technology perlu dikembangkan untuk mengerem laju kerusakan lingkungan dari akibat pemanfaatan sumber daya alam yang tidak benar dan industri yang tidak memperdulikan lingkungan.
Sesuai dengan surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 605/E/O/2014 tanggal 17 Oktober 2014 tentang perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan menjadi Institut Teknologi Yogyakarta, maka program studi yang disyahkan adalah program studi unggulan yang saat ini sangat dibutuhkan sarjana dan pasca sarjana yang menguasai ilmu dan teknologi yang mampu menciptakan pembangunan yang tidak merusak lingkungan dan mensejahterakan rakyat. Disamping itu sarjana yang bermoral disiplin dan kerja keras. Sarjana dan pasca sarjana yang demikian yang dibutuhkan Indonesia.

Berita Terbaru

PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJA SAMA ANTARA UNIVERSITY OF KITAKYUSHU DAN INSTITUT TEKNOLOGI YOGYAKARTA

SURABAYA – Institut Teknologi Yogyakarta mengikuti konferensi internasional di Universitas Airlangga pada tanggal 12 Maret 2018 dengan tema '"Peningkatan Kualitas Lingkungan Kota" yang diwakili oleh Bimastyaji Surya Ramadan, ST MT. Konferensi internasional lahir dari inisiatif University of Kitakyushu bersama dengan mitra institusinya sebagai sharing workplace  dari kolaborasi riset yang telah mereka lakukan. 

Read more...

KUNJUNGAN TIM TEKNIK KELAUTAN ITY KE DESA SOGAN DAN KAWASAN PASIR MENDIT

Dalam rangka kerjasama antara Pihak Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) dengan, tim Teknik Kelautan dengan didampingi pihak rektorat ITY melakukan kunjungan bersama ke Desa Sogan dan Kawasan Pasir Mendit pada hari minggu 4 Maret 2018. Tujuan kunjungan tersebut untuk :

  1. Mengetahui lokasi lahan yang akan dihibahkan Puro Pakualaman (PA) ke pihak ITY.
  2. Mendapatkan gambaran kawasan Pasir Mendit yang akan menjadi lokasi field research station.

Peserta kunjungan lapangan tersebut, pihak Pakualaman diwakili Bp. Ir.Banyudono, MSc  dua orang staff, dan dua petugas lapangan. Sedangkan dari ITY diwakili Ibu Hj. Dra. Lily Msi; Ibu Ir Yuni M.Par; Kaprodi Teknik Kelautan, dua dosen dari Teknik Kelautan dan Teknik Industri. Salah satu petugas lapangan adalah pengelola  mangrove Wanatirta.

Read more...

Terbaru 2018 ! Akredatasi Program Studi Teknik Energi Institut Teknologi Yogyakarta (ITY)

 

YOGYAKARTA – Teknik Energi ITY telah selesai diakreditasi Oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi di Kampus 2 ITY, dengan Asesor Prof.Dr.Ir.Nasikin, M.Eng (UI) dan Dr. Slamet Wahyudi (UB), Senin (27/11/2017). Akreditasi merupakan penilaian terhadap kelayakan dan pemeringkatan suatu program studi atau jurusan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan digunakan sebagai pengakuan dari badan atau instansi lain.

Read more...

Mahasiswa Teknik Pertambangan ITY Berhasil Meraih Medali Emas & Perunggu

Mahasiswa Teknik Pertambangan ITY mengikuti kompetisi Minescape III (Mining Engineering Student Parade and Competition) yang diadakan oleh Universitas Hasanuddin pada tanggal 13-16 Desember 2017, Teknik Pertambangan ITY yang diwakili oleh tim Green Mining (Vincent, Cecep, Mamang, Rian, An Nanda, Ahmad Rohyan dan Martyson). Adapun kategori perlombaan yaitu Blasting, Crushing and Grinding, Debate Mine, Hand Mucking, Joint Measuring, Mapping, Rock Id, Surpac, Water Quality Analysis, dan Written Test

Read more...

KUNJUNGAN INDUSTRI - PT. MADUBARU PG-PS MADUKISMO YOGYAKARTA

Mahasiswa memerlukan pandangan langsung tentang bagaimana dunia lapangan kerja yang sesungguhnya, untuk melihat secara langsung penggunaan dan penerapan teknologi di dalam dunia pekerjaan dan perindustrian mahasiswa terjun langsung ke lapangan. Oleh sebab itu program studi teknik industri mengadakan kunjungan industri ke PT. Madubaru PG-PS Madukismo. PG-PS madukismo adalah satu-satunya pabrik gula dan pabrik alkohol/spirtus di propinsi daerah Istimewa Yogyakarta yang mengemban tugas untuk mensukseskan program pengadaan pangan nasional, khususnya gula pasir. Perusahaan ini memiliki usaha dibidang produksi utama dan sampingan. Produksi utamanya berupa gula pasir dengan kualitas SHS lA (superior Head Sugar )atau KGP (Gula Kristal Putih). Sedangkan produk sampingnya berupa alkohol murni (kadar 95%) dan Spiritus bakar (kadar 94%). Dalam kunjungan ini mahasiswa dapat langsung mengamati bagaimana cara pembuatan gula pasir, pembuatan alkohol dan spiritus sampai dengan cara pengemasannya. Dapat mengetahui dan melihat langsung alat-alat yang digunakan seperti: Talang getar, alat penggiling tebu, alat pemanas (Raw juice Heatiang), bejana pengendapan (door clarifier), turbin, tangki serfobalance, evaporator, tangki defikator, tangki sulfikasi, kondensat, dll. 

Read more...

Kontak

Kampus ITY

Jl. Janti Km.4 Gedongkuning Yogyakarta

Tel/Fax. +62-274-566-863

E-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  

KLIK untuk panduan lokasi

Go to top