Sambutan Rektor ITY

Keberadaan Institut Teknologi Yogyakarta tidak bisa terpisahkan dengan pendirian Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan (STTL) YLH yang telah berdiri dan beroperasional sejak tahun 1983. Perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang menawarkan pendidikan teknologi dibindang lingkungan hidup. Perjalanan selama 30 tahun ini telah banyak yang telah dihasilkan oleh STTL dalam pengabdiannya pada nusa dan bangsa. Hampir 3500 alumni STTL telah mengabdi diri untuk kepentingan bangsa dalam berbagai sektor di swasta maupun pemerintah.

baca lebih lanjut...

 

P M B

Di ITY yang mempunyai visi untuk mencetak sarjana teknik yang siap kerja, selalu diperjuangkan dan tercermin dalam kurikulumnya. Adanya berbagai kegiatan praktikum, praktek lapangan dan pemagangan untuk dipersiapkan agar siap masuk kerja merupakan salah satu misi yang selalu diperjuangkan.  Dengan demikian sarjana ITY lulusan merupakan sarjana yang unggul, trampil dan menguasai ilmu lingkungan untuk dipraktekan dalam memasuki dunia kerja. 

baca lebih lanjut...

Keberadaan Institut Teknologi Yogyakarta tidak bisa terpisahkan dengan pendirian Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan (STTL) YLH yang telah berdiri dan beroperasional sejak tahun 1983. Perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang menawarkan pendidikan teknologi dibindang lingkungan hidup. Perjalanan selama 30 tahun ini telah banyak yang telah dihasilkan oleh STTL dalam pengabdiannya pada nusa dan bangsa. Hampir 3500 alumni STTL telah mengabdi diri untuk kepentingan bangsa dalam berbagai sektor di swasta maupun pemerintah. Ilmu dan teknologi dibidang lingkungan telah di kuasai dan dikembangan secara sempurna pada tataran epistemologo, ontologi dan aksiologi.

 

 

Sekolah Tinggi Teknik Lingkugan merasa terpanggil untuk pengabdiannya yang lebih luas dan lebih besar untuk membantu memecahkan persoalan bangsa. Sejak awal STTL telah berkomitmen mengembangakan konsep pembangunan yang berawasan lingkungan, pembangunan yang tidak merusak lingkungan. Tetapi saat ini pembangunan yang demikian tidaklah cukup. Pembangunan harus dilaksanakan dengan konsep pembangunan berkelanjutan atau sustainable development.
Pembangunan berkelanjutan yaitu pembangunan yang memenuhi 3 kriteria berwawasan/tidak merusak lingkungan, memberdayakan masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi local dan pembangunan yang meningkatkan eksistensi budaya masyarakat, konsep pembangunan ini telah dimulai sejak adanya RIO SUMMIT pada tahun 1992 dan menjadi agenda pembangunan bangsa-bangsa termasuk di Indonesia.

Saat ini Indonesia bertekat untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan ini dengan melaksanakan kebijakan sesuai dengan undang undang no 32 Tahun 2009. Tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan. Berdasar pada kebijakan inilah maka STTL harus menyesuaikan dan berbuat yang lebih besar serta lebih luas yaitu dengan merubah  bentuk perguruan tinggi dari sekolah menjadi institut. Pilihan yang masih relevan dan meneruskan cita cita dalam visi STTL yaitu Mamayu Hayuning Bawono, adalah Institut Teknologi Yogyakarta, dengan harapan ikut berperan dalam menunjang keistimewaan daerah istimewa Yogyakarta, dalam mencetak teknokrat yang menguasai IPTEK yang mampu menciptakan kualitas lingkungan dalam mengelola sumberdaya alam dan lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Pilihan program studi Unggulan.

Program Studi yang relevan dengan cita cita STTL yang mamayu hayuning bawono adalah:

1. Program Studi Teknik Lingkungan (S1)

2. Program Studi Ilmu Lingkungan (S2)

3. Program Studi Teknik Industri (S1)

4. Program Studi Teknik Energi (S1)

5. Program Studi Teknik Kelautan (S1)

6. Program Studi Teknik Pertambangan (S1)

Pilihan terhadap enam prodi tersebut adalah bidang dan kompetensi yang sama atau linier untuk dapat menawarkan suatu konsep IPTEK yang dapat mensukseskan pembangunan berkelanjutan seperti dalam agenda Global Rio Summit yang Indonesia ikut berkomitmen untuk mensukseskannya. Teknologi Hijau atau Green Technology perlu dikembangkan untuk mengerem laju kerusakan lingkungan dari akibat pemanfaatan sumber daya alam yang tidak benar dan industri yang tidak memperdulikan lingkungan.

Sesuai dengan surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 605/E/O/2014 tanggal 17 Oktober 2014 tentang perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan menjadi Institut Teknologi Yogyakarta, maka program studi yang disyahkan adalah program studi unggulan yang saat ini sangat dibutuhkan sarjana dan pasca sarjana yang menguasai ilmu dan teknologi yang mampu menciptakan pembangunan yang tidak merusak lingkungan dan mensejahterakan rakyat. Disamping itu sarjana yang bermoral disiplin dan kerja keras. Sarjana dan pasca sarjana yang demikian yang dibutuhkan Indonesia.

 

Berita Terbaru

ITY Ke UPSI Malaysia

Kunjungan Rektor Institut Teknologi Yogyakarta ke UPSI Malaysia

MALAYSIA - Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) melakukan kunjungan ke Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia pada tanggal 20 Maret 2019, dalam kunjungan tersebut dilakukan penandatangan MoU dan MoA antara ITY dan UPSI, dengan koridor sebagai upaya bersama dalam pencapaian SDGs. Upaya pencapaian tersebut akan dilakukan dan diwujudkan melalui berbagai bentuk kerjasama, diantaranya kolaborasi program S2 dan S3, join research dengan berbagai tema SDGs, dan kolaborasi penulisan jurnal internasional.

YUDISIUM DAN ORASI ILMIAH

Prosesi Yudisium periode 8 tahun 2019 dipimpin oleh Dekan dan Direktur Pascsarjana ITY

YOGYAKARTA – Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) melaksanakan prosesi Yudisium dalam rangkaian Wisuda Periode VIII Tahun 2019. Yudisium dipimpin oleh Dekan dan Direktur Pascasarjana ITY pada hari Selasa 5 Maret 2019. Pada periode ini ITY meyudisium 142 calon wisudawan dengan rincian Prodi Teknik Lingkungan 116 orang, Prodi Teknik Energi 2 orang, Prodi Teknik Industri 3 orang, Prodi Teknik Pertambangan 8 orang, dan Prodi Ilmu Lingkungan (S2) sebanyak 13 orang calon wisudawan. Kegiatan Yudisium tersebut dihadiri oleh Rektor Institut Teknologi Yogyakarta Prof. Dr. Ir. H. Chafid Fandeli serta BRAy Atika Purnomowati, S.E.

Read more...

SIAKAD untuk ITY Semakin Maju

Pelatihan Sistem Informasi Akademik ITY

YOGYAKARTA - Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) bersama dengan PT. Sentra Vidya Utama (SEVIMA) melaksanakan kegiatan Pelatihan Sistem Informasi Akademik pada tanggal 30 Januari sampai dengan 01 Februari2019 di Kampus I Institut Teknologi Yogyakarta. Sistem Informasi Akademik tersebut akan diaplikasikan di lingkungan ITY kedepan. Pelatihan ini ditujukan kepada Staff ITY dari berbagai unit mulai dari Administrasi Akademik, Penerimaan Mahasiswa Baru, Keuangan, dan Kepegawaian.Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) tersebut dilengkapi dengan beberapa fitur termasuk aplikasi android yang dapat digunakan oleh dosen, mahasiswa dan orangtua mahasiswa.

Read more...

BENTENG MANGROVE PANTAI BAROS - AKSI DAN KOMUNIKASI SERTA PERAN PROGRAM STUDI TEKNIK KELAUTAN ITY

Mahasiswa Program Studi Teknik Kelautan dalam Kegiatan Penanaman Bibit Mangrove di pesisir Pantai Baros Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta

BANTUL  Program Studi Teknik Kelautan Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) bekerjasama dengan Keluarga Pemuda Pemudi Baros (KP2B) melakukan aksi lingkungan berupa penanaman spesies mangrove di Muara Sungai Opak, tepatnya di Baros pada hari Sabtu, 5 Januari 2019. Pada kegiatan tersebut 100 batang magrove dengan spesies Rhizopora sp telah ditanam di lokasi tersebut serta diikuti dengan diskusi antara peserta dan KP2B sebagai pengelola hutan mangrove Baros. Kegiatan diskusi bertempat di Balai Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Bantul. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai ekosistem mangrove kepada mahasiswa Program Studi Teknik Kelautan khususnya serta peserta pada umum. Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian akademisi dalam menjaga kelestarian lingkungan, dalam hal ini khususnya lingkungan pesisir.

Read more...

ITY Ubah Sampah Menjadi BBM di Kota Bandung

BANDUNG – Sampah merupakan salah satu permasalahan yang cukup mendasar di Kota Bandung, termasuk di Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo. Sampah yang ada di daerah ini sebagian besar masih belum dikelola dengan baik, sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan. Salah satu jenis sampah yang sulit dimanfaatkan adalah sampah plastik, yang sangat sulit untuk didegradasi oleh mikroorganisme. Hal Inilah yang mengispirasi Tim Dosen Teknik Energi Institut Teknologi Yogyakarta, yaitu Ucik Ika Fenti Styana dan Fifin Hindarti beserta Dosen UP 45 Noviansyah Aridito untuk melirik penerapan teknologi tepat guna mengelola sampah supaya lebih bernilai tinggi untuk masyarakat.

Read more...

Berita

Kontak

Kampus ITY

Jl. Janti Km.4 Gedongkuning Yogyakarta

Tel/Fax. (0274) 566863

E-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

KLIK untuk panduan lokasi

Go to top