Sambutan Rektor ITY

Keberadaan Institut Teknologi Yogyakarta tidak bisa terpisahkan dengan pendirian Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan (STTL) YLH yang telah berdiri dan beroperasional sejak tahun 1983. Perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang menawarkan pendidikan teknologi dibindang lingkungan hidup. Perjalanan selama 30 tahun ini telah banyak yang telah dihasilkan oleh STTL dalam pengabdiannya pada nusa dan bangsa. Hampir 3500 alumni STTL telah mengabdi diri untuk kepentingan bangsa dalam berbagai sektor di swasta maupun pemerintah.

baca lebih lanjut...

 

P M B

Di ITY yang mempunyai visi untuk mencetak sarjana teknik yang siap kerja, selalu diperjuangkan dan tercermin dalam kurikulumnya. Adanya berbagai kegiatan praktikum, praktek lapangan dan pemagangan untuk dipersiapkan agar siap masuk kerja merupakan salah satu misi yang selalu diperjuangkan.  Dengan demikian sarjana ITY lulusan merupakan sarjana yang unggul, trampil dan menguasai ilmu lingkungan untuk dipraktekan dalam memasuki dunia kerja. 

baca lebih lanjut...

Keberadaan Institut Teknologi Yogyakarta tidak bisa terpisahkan dengan pendirian Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan (STTL) YLH yang telah berdiri dan beroperasional sejak tahun 1983. Perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang menawarkan pendidikan teknologi dibindang lingkungan hidup. Perjalanan selama 30 tahun ini telah banyak yang telah dihasilkan oleh STTL dalam pengabdiannya pada nusa dan bangsa. Hampir 3500 alumni STTL telah mengabdi diri untuk kepentingan bangsa dalam berbagai sektor di swasta maupun pemerintah. Ilmu dan teknologi dibidang lingkungan telah di kuasai dan dikembangan secara sempurna pada tataran epistemologo, ontologi dan aksiologi.
Sekolah Tinggi Teknik Lingkugan merasa terpanggil untuk pengabdiannya yang lebih luas dan lebih besar untuk membantu memecahkan persoalan bangsa. Sejak awal STTL telah berkomitmen mengembangakan konsep pembangunan yang berawasan lingkungan, pembangunan yang tidak merusak lingkungan. Tetapi saat ini pembangunan yang demikian tidaklah cukup. Pembangunan harus dilaksanakan dengan konsep pembangunan berkelanjutan atau sustainable development.
Pembangunan berkelanjutan yaitu pembangunan yang memenuhi 3 kriteria berwawasan/tidak merusak lingkungan, memberdayakan masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi local dan pembangunan yang meningkatkan eksistensi budaya masyarakat, konsep pembangunan ini telah dimulai sejak adanya RIO SUMMIT pada tahun 1992 dan menjadi agenda pembangunan bangsa-bangsa termasuk di Indonesia.
Saat ini Indonesia bertekat untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan ini dengan melaksanakan kebijakan sesuai dengan undang undang no 32 Tahun 2009. Tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan. Berdasar pada kebijakan inilah maka STTL harus menyesuaikan dan berbuat yang lebih besar serta lebih luas yaitu dengan merubah  bentuk perguruan tinggi dari sekolah menjadi institut. Pilihan yang masih relevan dan meneruskan cita cita dalam visi STTL yaitu Mamayu Hayuning Bawono, adalah Institut Teknologi Yogyakarta, dengan harapan ikut berperan dalam menunjang keistimewaan daerah istimewa Yogyakarta, dalam mencetak teknokrat yang menguasai IPTEK yang mampu menciptakan kualitas lingkungan dalam mengelola sumberdaya alam dan lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Pilihan program studi Unggulan.
Program studi yang relevan dengan cita cita STTL yang mamayu hayuning bawono adalah
1.    Progdi Teknik Lingkungan (S1)
2.    Progdi Pasca Sarjana Ilmu Lingkungan (S2)
3.    Progdi Teknik Industri (S1)
4.    Prodi Teknik Energi (S1)
5.    Progdi Teknik Kelautan (S1)
6.    Progdi Teknik Pertambangan (S1)
Pilihan terhadap enam prodi tersebut adalah bidang dan kompetensi yang sama atau linier untuk dapat menawarkan suatu konsep IPTEK yang dapat mensukseskan pembangunan berkelanjutan seperti dalam agenda Global Rio Summit yang Indonesia ikut berkomitmen untuk mensukseskannya. Teknologi Hijau atau Green Technology perlu dikembangkan untuk mengerem laju kerusakan lingkungan dari akibat pemanfaatan sumber daya alam yang tidak benar dan industri yang tidak memperdulikan lingkungan.
Sesuai dengan surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 605/E/O/2014 tanggal 17 Oktober 2014 tentang perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan menjadi Institut Teknologi Yogyakarta, maka program studi yang disyahkan adalah program studi unggulan yang saat ini sangat dibutuhkan sarjana dan pasca sarjana yang menguasai ilmu dan teknologi yang mampu menciptakan pembangunan yang tidak merusak lingkungan dan mensejahterakan rakyat. Disamping itu sarjana yang bermoral disiplin dan kerja keras. Sarjana dan pasca sarjana yang demikian yang dibutuhkan Indonesia.

Berita Terbaru

PELANTIKAN REKTOR INSTITUT TEKNOLOGI YOGYAKARTA PERIODE 2018-2022

Pelantikan Rektor Institut Teknologi Yogyakarta periode 2018-2022

INSTITUT TEKNOLOGI YOGYAKARTA – Prof. Dr. Ir. H. Chafid Fandeli resmi dilantik menjadi Rektor Institut Teknologi Yogyakarta Periode 2018 – 2022 oleh Yayasan Lingkungan Hidup DIY. Prosesi Pelatikan dilaksanakan pada hari Selasa 9 Oktober 2018 di Kampus 1 Institut Teknologi Yogyakarta Jl. Janti, Gedongkuning Yogyakarta. Rangkaian acara pelantikan diawali oleh Pembacaan Surat Keputusan Pengangkatan Rektor Institut Teknologi Yogyakarta Periode 2018 – 2022 oleh Bapak Ha. Tolu Satriyo. Pelantikan dilaksanakan oleh Drs. Raden Sadono Mulyo,M.Kes.Epid yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Lingkungan Hidup Yogyakarta.

Read more...

STUDI LAPANGAN SEKOLAH PASCASARJANA ITY TAHUN 2018

 

Studi Lapangan Mahasiswa Pascasarjana ITY – Kelompok Tani Pemerahan Susu Sapi Margorejo Pati

INSTITUT TEKNOLOGI YOGYAKARTA – Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Angakatan 2017-1 melakukan Kegiatan Studi Lapangan pada hari Rabu-Kamis, 3 – 4 Oktober 2018. Turut serta dalam kegiatan tersebut dosen Program Studi Ilmu Lingkungan antara lain Dr. Ir. Hj. Rukmini AR, M.Si., Dr. H. Nasirudin, MS., serta Dr. Dewi Rahyuni, MP. Studi Lapangan merupakan salah satu mata kuliah wajib pada Program Studi Magister Ilmu Lingkungan ITY, memiliki bobot sebesar 2 SKS yang bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa serta membantu mahasiswa dalam memahami permasalahan lingkungan yang ada dilapangan.

Read more...

ITY DAN NEWRI-NTU SINGAPORE MENGEMBANGNKAN SISTEM PENYEDIAAN AIR BERSIH BERBASIS MASYARAKAT DI DUSUN TAMANSARI, KAB. GUNUNGKIDUL

Pada hari kamis, tanggal 27 September 2018 dilakukan kegiatan Peresmian Sistem Penyediaan Air Bersih Berbasis Masyarakat Di Dusun Tamansari, Desa Watugajah, Kec. Gedangsari, kab. Gunungkidul. Peresmian ini dilakukan oleh Aning Sri Mintarsih, SP.,MT.,MSHS dari Bappeda (mewakili Bupati Gunungkidul), Prof.Dr.Chalid Fandeli selaku Rektor Institut Teknologi Yogyakarta dan Prof. Shane Allen Snyder selaku Executive Director NEWRI-NTU Singapura (Nanyang Environment & Water Research Institute-Nanyang Technological University) dengan disaksikan oleh segenap instansi terkait dan juga warga masyarakat setempat. Kegiatan ini juga merupakan bentuk implementasi kesepakatan kerjasama melalui MOU antara Institut Teknologi Yogyakarta dan Nanyang Technological University Singapore. 

Read more...

PENAMPILAN PADUAN SUARA “ENVIRO SONORA” ITY DALAM RAKERNAS INTAKINDO 2018

Pada tanggal 22 September 2018, Paduan Suara “Enviro Sonora” ITY mendapatkan kehormatan untuk tampil dalam acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (INTAKINDO) yang berlangsung di Hotel The Rich Jogja. Paduan suara “Enviro Sonora” menampilkan lagu Hymne dan Mars INTAKINDO beserta 2 lagu pop hiburan yaitu lagu Yogyakarta KLA Project dan lagu Meraih Bintang Via Vallen (Theme song Asian Games 2018). Kedua lagu hiburan tersebut mendapatkan sambutan yang meriah serta apresiasi dari peserta Rakertas. 

Persiapan latihan dilakukan sejak 2 bulan sebelumnya bersamaan dengan latihan untuk persiapan tampil di acara Wisuda ITY periode September 2018. Sedangkan untuk lagu Hymne dan Mars INTAKINDO dilatihkan secara intens sejak 1 pekan sebelum penampilan. Paduan Suara “Enviro Sonora” ITY terdiri dari mahasiswa ITY lintas angkatan dan program studi yang dilatih dan dibina oleh 2 orang mahasiswa Pendidikan Seni Musik UNY yaitu saudara Fakarudin (Rudi) dan Tommy yang juga bertindak sebagai konduktor dan pengiring saat penampilan.  

Harapan ke depan semoga Paduan Suara “Enviro Sonora” ITY semakin maju dan berkembang, dapat berpartipasi dalam berbagai event, serta dapat mengikuti dan beprestasi dalam lomba paduan suara baik regional Jogja maupun nasional. 

 

Kuliah Lapangan II Teknik Pertambangan di PT Semen Indonesia & PT Jara Silica, Tuban, Jawa Timur

Kuliah Lapangan II prodi Teknik Pertambangan ITY dilaksnakan pada tanggal 30 - 31 Juli 2018. Kuliah lapangan II diikuti oleh mahasiswa semester 6 sebanyak 26 mahasiswa dan didampingi oleh 2 dosen pembimbing. Kuliah Lapangan II ini berupa kunjungan ke perusahaan pertambangan yaitu PT Semen Indoensia dan PT Jara Silica. 

PT Semen Indonesia merupakan perusahan pertambangan yang bergerak dibidang industri semen, sedangkan PT Jara Silica perusahan yang bergerak dibidang pemurnian pasir silica. Kuliah lapangan II memberikan gambaran secara langsung kepada mahasiswa tentang tambang terbuka khususnya industri semen dan pemurnian pasir silica, sehingga mereka dapat mementukan sikap dalam menekuni pendidikan di bidang pertambangan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat membandingkan antara teori-teori yang diperoleh di bangku kuliah dengan keadaan sebenarnya di lapangan, juga melatih dan menumbuhkan jiwa persatuan dan kesatuan serta kerja sama di antara mahasiswa dalam menghadapi persoalan dibidang pertambangan.

 

Kunjungan ke PT Semen Indonesia

Read more...

Berita

Kontak

Kampus ITY

Jl. Janti Km.4 Gedongkuning Yogyakarta

Tel/Fax. (0274) 566863

E-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

KLIK untuk panduan lokasi

Go to top