Sambutan Rektor ITY

Keberadaan Institut Teknologi Yogyakarta tidak bisa terpisahkan dengan pendirian Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan (STTL) YLH yang telah berdiri dan beroperasional sejak tahun 1983. Perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang menawarkan pendidikan teknologi dibindang lingkungan hidup. Perjalanan selama 30 tahun ini telah banyak yang telah dihasilkan oleh STTL dalam pengabdiannya pada nusa dan bangsa. Hampir 3500 alumni STTL telah mengabdi diri untuk kepentingan bangsa dalam berbagai sektor di swasta maupun pemerintah.

baca lebih lanjut...

 

P M B

Di ITY yang mempunyai visi untuk mencetak sarjana teknik yang siap kerja, selalu diperjuangkan dan tercermin dalam kurikulumnya. Adanya berbagai kegiatan praktikum, praktek lapangan dan pemagangan untuk dipersiapkan agar siap masuk kerja merupakan salah satu misi yang selalu diperjuangkan.  Dengan demikian sarjana ITY lulusan merupakan sarjana yang unggul, trampil dan menguasai ilmu lingkungan untuk dipraktekan dalam memasuki dunia kerja. 

baca lebih lanjut...

Keberadaan Institut Teknologi Yogyakarta tidak bisa terpisahkan dengan pendirian Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan (STTL) YLH yang telah berdiri dan beroperasional sejak tahun 1983. Perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang menawarkan pendidikan teknologi dibindang lingkungan hidup. Perjalanan selama 30 tahun ini telah banyak yang telah dihasilkan oleh STTL dalam pengabdiannya pada nusa dan bangsa. Hampir 3500 alumni STTL telah mengabdi diri untuk kepentingan bangsa dalam berbagai sektor di swasta maupun pemerintah. Ilmu dan teknologi dibidang lingkungan telah di kuasai dan dikembangan secara sempurna pada tataran epistemologo, ontologi dan aksiologi.
Sekolah Tinggi Teknik Lingkugan merasa terpanggil untuk pengabdiannya yang lebih luas dan lebih besar untuk membantu memecahkan persoalan bangsa. Sejak awal STTL telah berkomitmen mengembangakan konsep pembangunan yang berawasan lingkungan, pembangunan yang tidak merusak lingkungan. Tetapi saat ini pembangunan yang demikian tidaklah cukup. Pembangunan harus dilaksanakan dengan konsep pembangunan berkelanjutan atau sustainable development.
Pembangunan berkelanjutan yaitu pembangunan yang memenuhi 3 kriteria berwawasan/tidak merusak lingkungan, memberdayakan masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi local dan pembangunan yang meningkatkan eksistensi budaya masyarakat, konsep pembangunan ini telah dimulai sejak adanya RIO SUMMIT pada tahun 1992 dan menjadi agenda pembangunan bangsa-bangsa termasuk di Indonesia.
Saat ini Indonesia bertekat untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan ini dengan melaksanakan kebijakan sesuai dengan undang undang no 32 Tahun 2009. Tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan. Berdasar pada kebijakan inilah maka STTL harus menyesuaikan dan berbuat yang lebih besar serta lebih luas yaitu dengan merubah  bentuk perguruan tinggi dari sekolah menjadi institut. Pilihan yang masih relevan dan meneruskan cita cita dalam visi STTL yaitu Mamayu Hayuning Bawono, adalah Institut Teknologi Yogyakarta, dengan harapan ikut berperan dalam menunjang keistimewaan daerah istimewa Yogyakarta, dalam mencetak teknokrat yang menguasai IPTEK yang mampu menciptakan kualitas lingkungan dalam mengelola sumberdaya alam dan lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Pilihan program studi Unggulan.
Program studi yang relevan dengan cita cita STTL yang mamayu hayuning bawono adalah
1.    Progdi Teknik Lingkungan (S1)
2.    Progdi Pasca Sarjana Ilmu Lingkungan (S2)
3.    Progdi Teknik Industri (S1)
4.    Prodi Teknik Energi (S1)
5.    Progdi Teknik Kelautan (S1)
6.    Progdi Teknik Pertambangan (S1)
Pilihan terhadap enam prodi tersebut adalah bidang dan kompetensi yang sama atau linier untuk dapat menawarkan suatu konsep IPTEK yang dapat mensukseskan pembangunan berkelanjutan seperti dalam agenda Global Rio Summit yang Indonesia ikut berkomitmen untuk mensukseskannya. Teknologi Hijau atau Green Technology perlu dikembangkan untuk mengerem laju kerusakan lingkungan dari akibat pemanfaatan sumber daya alam yang tidak benar dan industri yang tidak memperdulikan lingkungan.
Sesuai dengan surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 605/E/O/2014 tanggal 17 Oktober 2014 tentang perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan menjadi Institut Teknologi Yogyakarta, maka program studi yang disyahkan adalah program studi unggulan yang saat ini sangat dibutuhkan sarjana dan pasca sarjana yang menguasai ilmu dan teknologi yang mampu menciptakan pembangunan yang tidak merusak lingkungan dan mensejahterakan rakyat. Disamping itu sarjana yang bermoral disiplin dan kerja keras. Sarjana dan pasca sarjana yang demikian yang dibutuhkan Indonesia.

Berita Terbaru

Polusi Udara Singapura Picu Dilema Kebijakan Luar Negeri

Polusi dari kebakaran di negara-negara tetangga menimbulkan pertanyaan: Apa hak yang dimiliki sebuah negara ketika negara-negara lain membuat keputusan yang membahayakannya?

Read more...

Ilmuwan: Sampah di Pasifik Berubah jadi Lumpur Bahan Kimia

Perputaran air di laut dengan cepat mengubah sebagian besar plastik menjadi lumpur bahan kimia, yang bahkan lebih berbahaya pada kehidupan laut karena organisme plankton kecil mengkonsumsi partikel-partikel tersebut.Sebuah studi dari University of Georgia yang dirilis pada Februari memperkirakan bahwa 8 juta ton sampah plastik dibuang ke lautan pada 2010.

Read more...

6 Gunung Api Status Siaga Dan 14 Waspada

TONDANO, BL- Gunung Soputan yang berada di Kab Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara dinaikkan statusnya oleh PVMBG Badan Geologi dari Waspada (level 2) menjadi Siaga (level 3) terhitung mulai Jumat (26-12-2014) pukul 03.00 Wita.  

Read more...

Pencemaran Lingkungan

80 Persen air sumur milik warga Solo tercemar bakteri Escherichia coli (E-coli). Kondisi tersebut dipicu sistem pembuatan septic tank warga yang tidak sesuai standar.

Jarak antara septic tank dengan air sumur terlalu dekat. Hal tersebut diperparah dengan dibuangnya kotoran langsung ke tanah tanpa pengolahan terlebih dulu.

"Akibatnya banyak bakteri yang meresap mencemari sumur dan sumber air tanah dangkal yang dikonsumsi warga," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Solo, Ahyani, Rabu (28/1).

Read more...

Kontak

Kampus ITY

Jl. Janti Km.4 Gedongkuning Yogyakarta

Tel/Fax. +62-274-566-863

E-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  

KLIK untuk panduan lokasi

Go to top