Sambutan Rektor ITY

Keberadaan Institut Teknologi Yogyakarta tidak bisa terpisahkan dengan pendirian Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan (STTL) YLH yang telah berdiri dan beroperasional sejak tahun 1983. Perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang menawarkan pendidikan teknologi dibindang lingkungan hidup. Perjalanan selama 30 tahun ini telah banyak yang telah dihasilkan oleh STTL dalam pengabdiannya pada nusa dan bangsa. Hampir 3500 alumni STTL telah mengabdi diri untuk kepentingan bangsa dalam berbagai sektor di swasta maupun pemerintah.

baca lebih lanjut...

 

P M B

Di ITY yang mempunyai visi untuk mencetak sarjana teknik yang siap kerja, selalu diperjuangkan dan tercermin dalam kurikulumnya. Adanya berbagai kegiatan praktikum, praktek lapangan dan pemagangan untuk dipersiapkan agar siap masuk kerja merupakan salah satu misi yang selalu diperjuangkan.  Dengan demikian sarjana ITY lulusan merupakan sarjana yang unggul, trampil dan menguasai ilmu lingkungan untuk dipraktekan dalam memasuki dunia kerja. 

baca lebih lanjut...

Keberadaan Institut Teknologi Yogyakarta tidak bisa terpisahkan dengan pendirian Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan (STTL) YLH yang telah berdiri dan beroperasional sejak tahun 1983. Perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang menawarkan pendidikan teknologi dibindang lingkungan hidup. Perjalanan selama 30 tahun ini telah banyak yang telah dihasilkan oleh STTL dalam pengabdiannya pada nusa dan bangsa. Hampir 3500 alumni STTL telah mengabdi diri untuk kepentingan bangsa dalam berbagai sektor di swasta maupun pemerintah. Ilmu dan teknologi dibidang lingkungan telah di kuasai dan dikembangan secara sempurna pada tataran epistemologo, ontologi dan aksiologi.
Sekolah Tinggi Teknik Lingkugan merasa terpanggil untuk pengabdiannya yang lebih luas dan lebih besar untuk membantu memecahkan persoalan bangsa. Sejak awal STTL telah berkomitmen mengembangakan konsep pembangunan yang berawasan lingkungan, pembangunan yang tidak merusak lingkungan. Tetapi saat ini pembangunan yang demikian tidaklah cukup. Pembangunan harus dilaksanakan dengan konsep pembangunan berkelanjutan atau sustainable development.
Pembangunan berkelanjutan yaitu pembangunan yang memenuhi 3 kriteria berwawasan/tidak merusak lingkungan, memberdayakan masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi local dan pembangunan yang meningkatkan eksistensi budaya masyarakat, konsep pembangunan ini telah dimulai sejak adanya RIO SUMMIT pada tahun 1992 dan menjadi agenda pembangunan bangsa-bangsa termasuk di Indonesia.
Saat ini Indonesia bertekat untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan ini dengan melaksanakan kebijakan sesuai dengan undang undang no 32 Tahun 2009. Tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan. Berdasar pada kebijakan inilah maka STTL harus menyesuaikan dan berbuat yang lebih besar serta lebih luas yaitu dengan merubah  bentuk perguruan tinggi dari sekolah menjadi institut. Pilihan yang masih relevan dan meneruskan cita cita dalam visi STTL yaitu Mamayu Hayuning Bawono, adalah Institut Teknologi Yogyakarta, dengan harapan ikut berperan dalam menunjang keistimewaan daerah istimewa Yogyakarta, dalam mencetak teknokrat yang menguasai IPTEK yang mampu menciptakan kualitas lingkungan dalam mengelola sumberdaya alam dan lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Pilihan program studi Unggulan.
Program studi yang relevan dengan cita cita STTL yang mamayu hayuning bawono adalah
1.    Progdi Teknik Lingkungan (S1)
2.    Progdi Pasca Sarjana Ilmu Lingkungan (S2)
3.    Progdi Teknik Industri (S1)
4.    Prodi Teknik Energi (S1)
5.    Progdi Teknik Kelautan (S1)
6.    Progdi Teknik Pertambangan (S1)
Pilihan terhadap enam prodi tersebut adalah bidang dan kompetensi yang sama atau linier untuk dapat menawarkan suatu konsep IPTEK yang dapat mensukseskan pembangunan berkelanjutan seperti dalam agenda Global Rio Summit yang Indonesia ikut berkomitmen untuk mensukseskannya. Teknologi Hijau atau Green Technology perlu dikembangkan untuk mengerem laju kerusakan lingkungan dari akibat pemanfaatan sumber daya alam yang tidak benar dan industri yang tidak memperdulikan lingkungan.
Sesuai dengan surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 605/E/O/2014 tanggal 17 Oktober 2014 tentang perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan menjadi Institut Teknologi Yogyakarta, maka program studi yang disyahkan adalah program studi unggulan yang saat ini sangat dibutuhkan sarjana dan pasca sarjana yang menguasai ilmu dan teknologi yang mampu menciptakan pembangunan yang tidak merusak lingkungan dan mensejahterakan rakyat. Disamping itu sarjana yang bermoral disiplin dan kerja keras. Sarjana dan pasca sarjana yang demikian yang dibutuhkan Indonesia.

Berita Terbaru

Pelatihan HKI 2018 Kemenristekdikti bekerja sama dengan ITY

Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti bekerja sama dengan Institut Teknologi Yogyakarta  menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang Berpotensi Paten. bertempat di ruang  meeting Hotel TARA Yogyakarta  Jl. Magelang No.129, Kricak, Tegalrejo, Yogyakarta 55242, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284. 

Read more...

KERJA SAMA ANTARA BANK SAMPAH PMR SRI HANDAYANI DENGAN LP2M ITY Gropyok Sampah di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta

Menanamkan kecintaan akan lingkungan dengan kesadaran akan masalah sampah kalangan rermaja. Bank Sampah PMR Handayani menggelar Gropyok Sampah di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Minggu (6/5).

Sri handayani, Ketua Umum Bank Sampah PMR Handayani mengutarakan Gropyok Sampah di Ponpes merupakan aset besar dan potensial untuk dikembangkan. Sebab hal ini menanamkan pada para santri akan kecintaan terhadap lingkungan dan sadar akan masalah sampah yang kini tengah dihadapi oleh hampir semua daerah berkembang. “Menumbuhkan kesadaran dari hal-hal kecil, seperti tidak membuang bungkus makanan dengan sembarangan”, ujarnya.

Read more...

HMTE ITY RESMI BERGABUNG DI FORUM TINGKAT NASIONAL

Setelah melalui perjalanan panjang dan prosedure yang ditetapkan oleh Pusat, Himpunan Mahasiswa Teknik Energi Institut Teknologi Yogyakarta (HMTE ITY) Dilantik secara resmi sebagai anggota baru Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Energi Indonesia (FKMTE INDONESIA) bersama kampus STTN BATAN Yogyakarta pada Rapat Kerja Wilayah Jawa di Politeknik Negeri Jember pada tanggal 27-29 April 2018.

Read more...

Removal Limbah Cair Industri Batik dengan Metode Fitoremediasi pada SSF-Wetland Menggunakan Tanaman Obor (Typha Latiofolia).

Perguruan tinggi berkewajian menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disamping melaksanakan pendidikan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M). Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan berupaya mengawal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi. Melalui Simlitabmas, seluruh kegiatan penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan oleh sebuah perguruan tinggi dapat terpantau dan dievaluasi. Tahun 2018, ITY mengalami peningkatan  dalam mendapatkan hibah penelitian dikti, sebanyak 11 judul. Sepuluh judul penelitian dosen pemula dan satu judul Penelitian Strategis Nasional, untuk penelitian kopertis ITY mengusulkan 6 proposal.

Read more...

Kuliah Lapangan Teknik Energi

Mahasiswa Teknik Energi (TE) kuliah Lapangan ke Pusat Pengolahan Limbah Domestik Balai PISAMP di Sewon Bantul. Mempelajari potensi Limbah Domestik yang berpotensi Bioenergi, Limbah Padat Domestik. Belajar Konsep Teknologi Bersih, Manajemen Limbah dan Pencemaran Limbah.

Read more...

Kontak

Kampus ITY

Jl. Janti Km.4 Gedongkuning Yogyakarta

Tel/Fax. (0274) 566863

E-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

KLIK untuk panduan lokasi

Go to top